#Opini – Sejumlah mahasiswa Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi yang beranggotakan Adinda Tasya Kurniawan, Ahmad Fikri Kamaludin, Elsa Dayanti dan Nira Nurpadilla melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM) secara offline pada hari Jum’at tanggal 08 Oktober 2021 yang berlokasi di  TPA Nurul Islam Kp. Kamurang Atas RT 03 RW 01 Tangerang Selatan. Judul pada PMkM ini adalah “Mengembangkan Kreativitas Anak Dengan Membuat Gambar Kolase Menggunakan Kapas”.

Kegiatan PMkM ini dilaksanakan yaitu melakukan kegiatan menggambar dengan teknik kolase. Dengan kolase anak dapat menggerakan jari-jarinya untuk menempel dan mengkoordinasikan gerakan mata dan tangannya. Kolase juga melatih ketelitian anak dengan anak menempelkan satu persatu bahan kolase agar menjadi karya seni yang indah dan rapi.

Teknik kolase yang dilakukan yaitu dengan menggunakan kapas. Adapun bahan – bahan yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan kolase dari kapas ini yaitu kapas, lem, tusuk gigi, dan selembar kertas.

Acara ini dihadiri oleh siswa – siswa dari 2 kelas di TPA Nurul Islam yang berjumlah 30 siswa. Pada kegiatan PMkM ini disambut antusias dan ceria dari anak – anak. Mereka menunjukan sikap mau belajar dan mengasah diri untuk menunjukan bakat mereka dalam keterampilan yang diajarkan.

Selanjutnya acara ini dibuka dengan perkenalan dan kata – kata sambutan dari Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si. selaku dosen pembimbing. Kemudian acara dimulai dengan pemberian materi mengenai menggambar dengan teknik kolase.

Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan kolase dengan menggunakan kapas yang sudah di bentuk bulat oleh mahasiswa PMkM. Kapas yang sudah dibentuk bulat kemudian di tempel pada kertas yang sudah ada gambarnya dengan menggunakan lem. Hal ini dapat melatih kesabaran dan ketelitian anak.

Semua siswa dibimbing dalam membuat dan mengekspresikan kreativitas mereka dibantu oleh anggota PMkM. Tidak hanya siswa, tetapi orang tua yang hadir pada acara ini sangat antusias dan semangat melihat anak – anaknya menyelesaikan gambar kolase ini. Acara akhirnya selesai dan dilaksanakan dengan baik dan diakhiri dengan pememberian hadiah dan foto bersama.

Penulis :

Adinda Tasya Kurniawan, Ahmad Fikri Kamaludin, Elsa Dayanti dan Nira Nurpadilla

Mahasiswa Universitas Pamulang, Prodi Akuntansi

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.