#Opini – Usia dini sering disebut sebagai usia emas (golden age) bagi tumbuh dan berkembangnya anak. Dimasa pertumbu- han anak-anak diusia dini minat ingin mengetahui bahasa Inggris tidaklah banyak, hanya beberapa dari sekian anak yang menyukai belajar bahasa Inggris.

Hal tersebut terjadi karena bahasa Inggris adalah bahasa asing yang jarang terdengar saat mereka masih anak-anak, dalam pengucapan bahasa Inggris  yang sulit juga mempengaruhi minat anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena faktor tersebut kami selaku mahasiswa ingin melibatkan diri untuk  memberikan ilmu pengetahuan tentang bahasa Inggris ke anak-anak.

Sebelum melakukan kegiatan PMKM ini kami melakukan survey tempat, meminta ijin kepada pihak pengelola Taman Baca Buaran Hijau untuk mengadakan acara kegiatan PMKM untuk memenuhi tugas akhir dan juga memberikan ilmu pengetahuan tentang belajar bahasa Inggris.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang pada hari Sabtu tgl 16 Oktober 2021 bertempat di Taman Baca Buaran Hijau mengenai “Fun Learning And Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak”.

Fun Learning And Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak

PMKM merupakan kewajiban Tri Dharma yang harus dilaksanakan oleh para mahasiwa. Sebagai insan akademis, para mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggara kan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di tengah suasana pandemi Covid-19.

Pada kegiatan PMKM kali ini di hadiri oleh Ibu Sri Ratna Dewi selaku pengelola dari Taman Baca Buaran Hijau dengan pesertanya sendiri terdiri dari 25 Anak Taman Baca Buaran Hijau, sedangkan dari Mahasiswa Universitas Pamulang terdiri dari 4 orang mahasiswa yang diketuai Rachma Wati dengan beranggotakan Sri Agustina, Nur Anissa, Diah Mardiani dan satu dosen pembimbing Ibu Yenni Cahyani, S.E., M.M.

Materi yang disampaikan terkait tentang pembelajaran bahasa Inggris dari yang dasar-dasar nya seperti mengenalkan nama-nama warna, nama-nama angka, kosa kata dalam bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan juga nama-nama bentuk, dengan cara yang lebih menarik dengan memberikan permainan agar penyampaian belajar tidak membuat mereka bosan  dan memberika motivasi anak untuk belajar bahasa Inggris.

Adapun Bahan-bahan untuk mengajar kan anak-anak dalam mengenal nama-nama warna, bentuk, buah-buahan dan kosa kata dalam bentuk gambar, tulisan bahasa Indonesia dan ada arti bahasa Inggris nya serta hadiah untuk game yang dimainkan berupa pertanyaan mengenai materi yang diberikan, hadiah berupa botol minum.

Berikut bahan-bahan dalam memberikan materi tentang bahasa Inggris :

  1. Kartu nama-nama warna (Indonesia – Inggris)
  2. Kartu nama-nama bentuk (Indonesia – Inggris)
  3. Kartu angka 1-20 (Indonesia – Inggris)
  4. Kartu kosa kata dalam bentuk gambar dan tulisan Indonesia dan inggris.

Kami sangat senang dan berterimakasih kepada pihak pengelola telah memberikan ijin untuk mengajar di Taman Baca Buaran Hijau serta anak-anak yang sudah datang untuk belajar bahasa Inggris.

Dengan adanya kegiatan PKM ini selain untuk memenuhi tugas akhir kuliah juga memberikan manfaat bagi anak-anak untuk memotivasi mereka belajar bahasa Inggris.
 
Penulis :

Rachma Wati, Sri Agustina, Diah Mardiani, Nur Anissa
Mahasiswi Universitas Pamulang
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Akuntansi

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.