Berwirausaha Pada Yayasan Sedekah Sukses Indonesia Pamulang

#Opini – Di era milenial sekarang ini, perkembangan zaman sangat pesat terutama dalam
hal gaya hidup. Berbagai acara atau momentum spesial seperti acara ulang tahun, wisuda, dan momen-momen lainnya selalu saja identik dengan pemberian hadiah. Memberi hadiah atau buah tangan dikalangan kawula muda sudah menjadi hal yang biasa, salah satunya dengan memberikan buket bunga.

Namun sayangnya, buket bunga yang kita berikan sering layu dan menjadi sampah. Salah satu alternatif pengganti buket bunga yaitu dengan snack. Memberi hadiah dengan buket snack tidak hanya murah dan terjangkau, tapi juga bisa mendatangkan manfaat lebih karena tentunya bisa di konsumsi. Tren pemberian hadiah berupa buket snack bisa menjadi salah satu bentuk inspirasi usaha anak muda khususnya bagi santri Yayasan Sedekah Sukses Indonesia.

Bagaimana bisa snack atau makanan ringan dijadikan sebagai hadiah? Tentu saja bisa.

Snack atau makanan ringan dapat dijadikan buket snack layaknya seperti buket bunga. Hal ini dapat terjadi karena adanya suatu kreatifitas. Buket snack ini dapat berisi berbagai macam jenis makanan, bisa makanan ringan, minuman instant, dan sebagainya. Usaha ini terbilang cukup mudah karena bisa dibuat oleh siapa saja. Bahan yang harus disiapkan untuk membuat buket snack diantaranya 2 kain wrapping yang berbeda warna sesuai selera, pita warna, kardus bekas, isolasi, gunting dan tentunya snack sesuai selera.

Berikut adalah proses pembuatannya:

Untuk itu, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang dibimbing oleh bapak Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I, M.Pd, Karina Dwi Mutia (Ketua), Nur Fitria Andreyani (Anggota), Penina Greyce Dowongi (Anggota), Wiji Nurul Fadilah (Anggota), mengadakan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) dengan memberikan edukasi kepada para santri mengenai cara memanfaatkan media sosial untuk berwirausaha.

Namun, dikarenakan persaingan usaha yang ketat menuntut para santri untuk berinovasi dalam menghasilkan produk atau komoditas apa saja yang dapat dijadikan bisnis dengan modal yang tersedia, serta kemajuan perkembangan teknologi membuat santri kesulitan bersaing di pasar. Maka, untuk mendukung kawula muda dalam berbisnis khususnya para santri Yayasan Sedekah Sukses Indonesia, maka dilaksanakanlah pelatihan pembuatan bucket snack dan pemaparan materi mengenai pemanfaatan media sosial dalam berwirausaha.

Kegiatan PmKM ini dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2021 Pukul 13.00 WIB yang dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Yayasan Sedekah Sukses Indonesia Pamulang yang beralamat di Jalan Benda Raya No. 31, Benda Baru, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15416. Metode pelaksanaan kegiatan PmKM yang diselenggarakan pada hari sabtu (23/10/21) dengan cara sosialisasi yang diawali dengan perkenalan, sambutan, penyampaian materi dengan tema Pemanfaatan Media Sosial dalam Berwirausaha, sesi diskusi dan tanya jawab, dan melakukan pelatihan praktik kewirausahaan yaitu pembuatan buket snack yang dilakukan oleh para santri. Kegiatan tersebut mendapatkan respon yang baik dilihat dari antusias disaat sesi diskusi dan pembuatan beberapa buket snack yang telah dihasilkan oleh para santri. Berikut adalah beberapa contoh buket snack yang dihasilkan:

Produk usaha ini mempunyai prospek usaha yang menjamin, karena tidak banyak orang yang membuatnya dan masih sedikit yang menjualnya di pasaran. Melihat keadaan dan kondisi yang semakin hari semakin serba instant, buket snack dapat menjadi pilihan sebagai hadiah tentunya dengan harga yang relatif terjangkau (tergantung isi harga snack yang dipakai) serta hemat waktu.

Kegiatan PmKM ini diharapkan dapat memberikan inovasi dan meningkatkan kreatifitas para santri dalam mencari peluang untuk berbisnis dengan memanfaatkan media sosial yang ada sebagai salah satu cara memasarkan produk. (*)

Penulis :

Karina Dwi Mutia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S1 Akuntansi
Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.