#Opini – Program pengabdian masyarakat merupakan bentuk pembelajaran kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar area kampus dan mampu menangani masalah yang berkaitan di masyarakat.

Di tengah pandemi covid-19, pengabdian masyarakat tersebut berbeda karna wajib mengikuti protokol kesehatan. Karena itulah, pengabdian masyarakat di Universitas Pamulang Tangerang Selatan dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa dari tempat tinggal masing-masing.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) dengan tema: “Pengenalan Budidaya Tanaman Bunga Brokoli Sebagai Potensi Peluang Usaha Dimasa Pandemi” di Yayasan Al-kamilah, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 17 oktober 2021 bertempat di Yayasan Al-Kamilah beralamat di Jl. Serua Raya No.3, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat  Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang berlaku.

Pengenalan Budidaya Tanaman Bunga Brokoli Sebagai Potensi Peluang Usaha Dimasa Pandemi

Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Prodi Akuntansi Bapak Haryono S.H., M.M., M.H. sebagai Pembimbing kegiatan PMKM. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa S1 Akuntansi, diantaranya: Muhamad Juhaenu Gilam, Fathin Muhammad Alfino, Adam Sapikri.

Dengan adanya pengabdian masyarakat di tengah pandemi seperti ini diharapkan tidak menghalangi semangat mahasiswa UNPAM Fakultas Ekonomi untuk tetap berkontribusi kepada masyarakat, sekitar sehingga dapat mengembangkan kompetensi dan interaksi dalam bersosial di masyarakat.

Pandemi yang sampai saat ini masih berlangsung, Kondisi ini tidak menyurutkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang untuk memberikan edukasi , sosialisasi dan berkontribusi kepada masyarakat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ( PKM ).

Dalam Kegiatan ini, kami selaku mahasiswa/i Universitas Pamulang ingin memberikan pengetahuan tentang Pengenalan Budidaya Tanaman Bunga Brokoli Sebagai Potensi Peluang Usaha Dimasa Pandemi. Dalam lingkungan kehidupan masyarakat yang modern, masih jarang yang belum memanfaatkan potensi tanaman hias sebagai agribisnis yang menjanjikan. Mengingat pentingnya informasi tentang bagaimana pengeloaan media tanaman hias khususnya dengan metode stek bagi  warga yayasan Al kamilah, Kondisi ini mengisyaratkan masih banyak sasaran masyarakat yang membutuhkan edukasi untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi untuk lingkungan bisnis, maka perlunya dilakukannya suatu edukasi sekaligus praktik yang merujuk kepada santriwan/santriwati aktif yang mau berkecimpung kedalam area lingkungan usaha. Dengan cara ini mereka dapat secara tidak langsung memahami potensi tanaman hias bunga brokoli yang bisa di kembangkan sekaligus menjadi potensi usaha baru.

Oleh karena itu kami para mahasiswa/i ingin melakukan kegiatan tersebut, dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan tanaman hias bunga brokoli serta bagaimana teknik dalam persiapan produk (tanaman bunga brokoli) dalam menjangkau area pemasaran. Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini melibatkan adik-adik santri di Yayasan Al-Kamilah sebagai objek kegiatan.

Tidak hanya pemberian materi, Tim P(M)KM Fakultas Ekonomi Unpam memberikan pelatihan berupa praktek dalam pembudidayaan bunga brokoli kepada para santri terkait teknik penanaman yang baik dan benar.

Dengan dukungan dosen pembimbing, Bapak Haryono S.H., M.M., M.H. kegiatan tersebut terselenggara dengan sukses, bahkan disambut antusias oleh para santri Yayasan Al-Kamilah.

Pada akhir kegiatan kami selaku mahasiswa/i Universitas Pamulang, memberikan kenang-kenangan sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas adik-adik santri yang diwakili salah satu Tim P(M)KM Universitas Pamulang.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piagam kepada Pimpinan Yayasan Al-Kamilah sebagai bentuk simbolis bahwa kami telah melaksanakan  kegiatan PMKM di Pondok Pesantren tersebut.

Penulis:

Muhamad Juhaenu Gilam, Mahasiswa Prodi Akuntansi

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.