Membentuk Kebiasaan Menabung

#Opini – Minggu, (24/10/2021), pukul 08.30-11.30, Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat
yang bertempat di Graha Yatim &Dhuafa. Tema yang diusung kali ini adalah Kreatifitas
membuat Celengan Hias Sebagai Wadah Membentuk Kebiasaan Menabung. Berikut daftar nama dari kelompok Himpunan Mahasiswa yang terdiri dari 4 orang, Diketuai oleh Erwin Sutini, dan Anggotanya Tyas Andini Cinthya Dewi, Shinta Prisilia Bahar dan Asti Puspitaningrum.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini yaitu Bapak Rosidi selaku Ketua Yayasan Griya Yatim & Dhuafa dan juga Dosen Pembimbing kami Ibu Tsarina Zenabia, S.E., M.Ak yang
terhormat, yang sudah menyempat-kan hadir dan bersedia memberi-kan sambutan serta doa bagi kelancaran dan keberlanjutan acara ini untuk kedepannya.

Maka dari itu kita memperkenal-kan dan mengedukasi adik-adik mengenai Inti Menabung itu apa? Berikut 5W 1H yang harus kita ketahui.

Kreatifitas Membuat Celengan Hias Sebagai Wadah Membentuk Kebiasaan Menabung

Apa itu menabung?
Ketika kami memberikan pertanyaan tersebut, anak-anak ini memberikan jawaban yang mereka ketahui seperti “untuk membeli mainan” , “dari menabung dapat membeli mobil” , kata mereka.

Disini kami menanggapi jawaban mereka dengan memberikan penjelasan yaitu “menabung ialah suatu kegiatan untuk menyimpan uang”. Suatu aktifitas yang dilakukan untuk menyimpan uang untuk mencukupi keperluan di masa mendatang atau bias digunakan dalam keadaan mendesak.

Kami juga mengedukasi anak-anak ini dengan pertanyaan-pertanyaan berikut :
Siapa sajakah yang sebaiknya menabung?

Semua orang bias menabung, Termasuk Para pelajar tetap dapat menabung, meskipun belum memiliki penghasilan. Menyisihkan uang saku dari pemberian orang tua memang sulit, tetapi gemar menabung harus dipupuk sejak dini.

Kapan sebaiknya mulai menabung?
Sejak usia dini, sebaiknya mulai dibiasakan kegiatan menabung anak-anak usia 3 tahun sudah bias memahami konsep menabung dan membelanjakan uang.
Menabung pangkal kaya memang mudah diucapkan. Tetapi, memupuk kebiasaan menabung sejak usia anak-anak atau pelajar bukan perkara mudah.

Dimana bisa menabung?
Yang paling sederhana di rumah, dengan menabung di celengan dan yang lebih baik sebaiknya di bank. Sangatlah disarankan untuk menyimpan uang anda ke bank. Bank adalah tempat yang aman untuk menyimpan uang. Selain itu bank juga memberikan manfaat serta keuntungan lain bagi para nasabahnya. Anda dapat membuka rekening di bank yang anda sukai. Pilihlah tipe tabungan yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan anda. Sebagai contoh, pilihlah jenis rekening tabungan yang setoran awalnya rendah seperti 50 ribu dan kadua bias pilih jenis rekening yang bebas biaya admin.

Pernyataan anak-anak Yayasan panti, dari hasil uang menabung tersebut mereka ingin membeli mainan, mobil dan menaikkan atau memberangkatkan haji orang tua mereka. Betul dengan jawaban mereka, jika kita konsisten akan uang yang kita tabungkan setiap hari walaupun dengan nominal yang kecil ataupun besar dan dalam jangka Panjang, hal tersebut InsyaAllah bisa kita wujudkan. Aamiin.

Karena untuk berjaga – jaga, menabung juga penting sebagai persiapan di masa tua kita. Saat kita sudah pensiun dari pekerjaan nanti, mungkin kita sudah tidak memiliki penghasilan lagi. Namun kita masih harus memenuhi kebutuhan hidup kita. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk tahu apa manfaat menabung dan mulai menabung sedini mungkin demi mencukupi kebutuhan pada saat pensiun nanti.

Bagaimana Menimbulkan Semangat Menabung?

Bisa dengan menggunakan bahan-bahan tidak terpakai, seperti dari hasil karya kreatifitas kami membuat celengan dari botol bekas dan dipercantik dengan hiasan kain flannel. 

Sehingga selain dapat menabung, kita juga bias mendaur ulang Kembali barang-barang bekas (botolplastik). Cara menabung di rumah, Mulai menabung dengan nominal kecil lalu simpan wadah seperti celengan, kaleng bekas kue, di tempat yang aman dan konsisten.

Mungkin kita sudah tahu apa manfaat menabung bagi masa depan kita. Banyak anak-anak maupun orang dewasa yang sudah berpenghasilan tahu betul apa manfaat menabung sehingga mereka berlomba-lomba untuk menyisihkan uang. 

Nah, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, maka kita perlu untuk menentukan prioritas uang yang akan kita keluarkan. Salah satu cara agar kita memiliki finansial yang cukup pada saat-saat mendesak adalah dengan menabung.

Rangkaian acara yang ada juga dikemas sesuai dengan umur mereka. Terdapat 4 acara selama empat jam kegiatan ini berlangsung :

  1. Pembukaan dan Perkenalan Kami sebagai Mahasiswa
  2. Perkenalan dan cita-cita dari adik-adik Yayasan Griya Yatim & Dhuafa,
  3. Pengenalan uang, simulasi menabung dengan sederhana dan fun,
  4. Menghias celengan, diharapkan dari celengan itu adahal yang berkelanjutan kedepannya.

Tidak hanya mengedukasi mereka dengan menabung tetapi kami juga menerangkan cara-cara membuat Celengan Hias dari Botol Bekas dan Kain Flannel. Sehingga adik-adik bias mengikuti cara kami saat berada di Yayasan sendiri tanpa didampingi kami sebagai Kakak-Kakak Mahasiswa. Dari hasil celengan tersebut mereka juga bias menjual hasil karya mereka sehingga menghasilkan penghasilan uang yang nantinya bias mereka masukan kedalam tabungan mereka.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adik-adik kami di Yayasan Griya Yatim & Dhuafa serta Generasi Muda bisa lebih sadar mengenai pentingnya menabung sejak dini yang menimbulkan banyak manfaat. (*)

Penulis :

Erwin Sutini, Tyas Andini Cinthya Dewi, Shinta Prisilia Bahar dan
Asti Puspitaningrum

Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.