Menerapkan Kebersihan Di Sekolah

#Opini – Dalam program Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM) Tahun 2021, SDIT  Permata Gemilang adalah tempat tujuan kami untuk melaksanakan kegiatan PMkM. SDIT  Permata Gemilang tepatnya di Kecamatan Serpong kota Tangerang Selatan. Kami melaksanakan  kegiatan PMkM tersebut selama satu hari pada hari Rabu, tanggal 27 Oktober 2021. Adapun  judul yang kami angkat dari kegiatan ini adalah “Gerakan ABC (Anak Bersih dan Ceria) Untuk  Menerapkan Kebersihan Pada Kehidupan Sehari-hari”, agar anak didik SDIT Permata Gemilang  memahami bagaimana cara menjaga kebersihan dengan benar dalam kesehariannya disekolah  maupun dirumah.

Sekolah Dasar Islam Terpada Permata Gemilang mempunyai siswa-siswi yang aktif  sehingga kegiatan PMkM kami berjalan dengan sangat menyenangkan. Dan siswa-siswi SDIT  Permata Gemilang pun juga sangat pintar dalam mengahapal Al-Qur’an, sebagaimana sesuai  dengan gelar sekolah Islamnya. Selain siswa-siswinya yang aktif, guru-guru dan kepala sekolah  pun sangat mendukung adanya kegiatan kami. Yang dimana, pihak sekolah sangat mengapresiasi  karena kami sudah berkunjung untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswinya agar menjadi  anak-anak yang disiplin akan kebersihan diri dan lingkungannya. 

Guna mewujudkan pengetahuan dalam menjaga kebersihan kepada siswa-siswi SDIT  Permata Gemilang ditengah maraknya pandemi Covid-19, edukasi tentang kebersihan ini sangat  diperlukan agar siswa-siswi mengerti bagaimana baiknya menjaga kebersihan dalam masa  pemulihan pandemi Covid-19 yang mungkin mereka belum memahami informasi yang diberikan  dalam lingkungan sekitarnya.

Gerakan ABC (Anak Bersih dan Ceria) Untuk  Menerapkan Kebersihan Pada Kehidupan Sehari-hari

Konsepnya yang kami pakai dalam menyampaikan edukasi / informasi pun, sudah kami  buat sesederhana mungkin untuk disampaikan ke anak-anak Sekolah Dasar. Serta, penyampaian  yang digunakan juga dengan cara yang menyenangkan sehingga tidak membosankan agar siswa-siswi SDIT Permata Gemilang dapat memahami dan mengingat dengan baik apa yang kami  sampaikan pada kegiatan PMkM ini.

Selama penyampaian materi, siswa-siswi SDIT Permata Gemilang mendengarkan dengan  seksama sehingga kami tidak kesulitan dalam memberikan edukasi. Selain penyampaian materi,  kami juga membuat games dan memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang aktif menjawab  pada saat sesi tanya jawab agar mereka tidak lupa dengan penyampaian materi yang kami  berikan.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk memberikan informasi terkait cara menjaga kebersihan selama masa pandemi Covid-19 dengan cara yang  menyenangkan sehingga siswa-siswi dapat memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari harinya. Kami berharap dengan adanya kegiatan PMkM ini dapat menjadi salah satu edukasi  yang bermanfaat bagi siswa-siswi SDIT Permata Gemilang, serta pengalaman yang baik untuk  kami pribadi dalam memberikan informasi kepada anak-anak Sekolah Dasar.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM) ini di hadiri oleh Bapak Maskuri S.Pd selaku Kepala Sekolah SDIT Permata Gemilang, dewan guru, dan siswa-siswi kelas 1 s/d kelas 5 dengan jumlah 19 orang. Serta Mahasiswa Universitas Pamulang yang terdiri  dari Julya Hermawati selaku Ketua Pelaksana PMkM dengan anggota yang terdiri dari Prasasti  Nuryani, Silviana Olasihut Siregar, dan Yuliana Ananda Setyaningrum. Dengan dosen  pembimbing kami, yaitu Ibu Afridayani S.E, M.M. Terima kasih.

Penulis,
Julya Hermawati, Prasasti Nuryani, Silviana Olasihut Siregar dan Yuliana Ananda Setyaningrum / Mahasiswa Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.