Cemilan sehat yang mudah dibuat di masa pandemi covid-19 dengan melatih kreativitas anak untuk belajar membuat cemilan sehat dirumah sekaligus bisa jadi ide bisnis yang ekonomis

#Opini – Dalam program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Tahun ini Pondok Pesantren Serambi Qur’an adalah salah satu tempat yang menjadi pelaksanaan kegiatan PMKM tepatnya di Kecamatan Sawangan Kota Depok. PMKM ini dilaksana kan selama 1 hari yaitu pada tanggal 16 Oktober 2021 di Pondok Pesantren Serambi Qur’an Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Adapun judul dari Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) ini yaitu: MR Jak (Makan Roti ruJak) “Cemilan sehat yang mudah dibuat di masa pandemi covid-19 dengan melatih kreativitas anak untuk belajar membuat cemilan sehat dirumah sekaligus bisa jadi ide bisnis yang ekonomis”.

Pondok Pesantren ini mulai menerima santri pada Juli 2019. Saat ini ada sekitar 60 santri yang terdiri dari 20 laki laki dan 40 perempuan mereka berasal dari berbagai daerah di jawa barat antara lain Bandung, Bogor, karawang dan wilayah luar pulau jawa yaitu Nusa Tenggara Barat.

Cemilan sehat yang mudah dibuat di masa pandemi covid-19 dengan melatih kreativitas anak untuk belajar membuat cemilan sehat dirumah sekaligus bisa jadi ide bisnis yang ekonomis, (Mr. Jak)

Kami mencoba membuat inovasi jajanan baru yaitu MR. Jak alias Makan Roti ruJak. Jajanan ini mungkin belum hits karena memang belum ada yang membuka jajanan ini. Untuk itu kami ingin membuat inovasi baru dengan mengenalkan Mr. Jak (Makan Roti ruJak) ini. Terutama kepada santri-santri yang ada dipondok pesantren guna melatih kreativitas anak santri dan sekaligus bisa menjadikan ide bisnis dalam menghadapi masa sulit ini yaitu masa pandemi covid-19.

Jajanan sekarang, kebanyakan masih belum memenuhi kriteria gizi yang baik. Tapi tenang saja, jajanan yang satu ini, banyak gizinya loh, karena di dalam nya mengandung karbohidrat, protein dan vitamin. Karena kita membuat produk yang mana menggunakan bahan roti dan buah-buahan.

Sebagian besar jajanan diolah dari bahan yang mengandung penyedap rasa, padahal sebagian bahan dari penyedap rasa mengandung MSG (maklor, baklor, solor, dan seblak), sehingga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Pengolahan jajanan sebagian besar menggunakan minyak goreng/digoreng, sehingga menambah resiko kolestrol tinggi.

Tidak demikian dengan bahan nabati, bahan yang berasal dari nabati hampir tidak ada yang mengandung kolestrol sehingga aman dikonsumsi oleh tubuh. Banyak sekali contoh jajanan yang berbahan baku nabati, seperti kripik gandung, kripik talas, dan kripik sukun. Mr. Jak (Makan Roti ruJak) juga termasuk dalam jajanan yang berasal dari nabati. Meskipun Mr. Jak (Makan Roti ruJak) memiliki kandungan gizi yang baik (roti dan buah), tapi jika pengolahannya tidak sesuai maka kandungan gizi dalam MR Jak (Makan Roti ruJak) akan berkurang.

Kebanyakan sekarang, pemanfaatan roti diolah menjadi roti bakar, dan roti goreng, sehingga kandungan gizi roti akan berkurang dan juga akan menambah kolestrol yang berasal dari minyak goreng tersebut. Masyarakat yang mengonsumsi jajanan dipasaran dapat dikatakan tidak stabil, hal tersebut dikarenakan belum banyaknya inovasi jajanan baru yang sehat, sehingga masyarakat terasa bosan dan beralih ke makanan berat. Hal inilah yang akan membuat peluang pasar jajanan sehat yang berinovasi baru terbuka lebar.

Salah satu cara yang dapat mengalihkan perhatian masyarakat adalah membuat jajanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, tetapi harganya dapat dijangkau masyarakat dengan pengolahan dan pengemasan yang sehat.

Adapaun maksud dan tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk memberikan keterampilan (softskill) berwirausaha kepada anak santri dan meningkatkan nilai MR Jak (Makan Roti ruJak) sebagai pangan sehat dan kaya karbohidrat, mineral, dan vitamin. Menambah keragaman pangan yang sehat dengan harga terjangkau yang sesuai kantong masyarakat.

Kegiatan pengabdian mahasiswa ini di hadiri oleh Ust Taryana selaku Ketua di Pondok Pesantren Serambi Qur’an dengan santri yang hadir terdiri dari 25 orang. Dan Mahasiswa Universitas pamulang yang terdiri dari Suryadi selaku Ketua Pelaksana dengan anggota yang terdiri dari Ayu Ratna Dewi, Nanang Wahyudi dan Uswatun Hasanah. Dengan dosen pembimbing Bapak Hari Stiawan.S.E.,M.AK

Penulis

Suryadi, Ayu Ratna Dewi, Nanang Wahyudi dan Uswatun Hasanah

Mahasiswa Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.