Dengan Kreasi Kue Yang Mudah

#Opini – Dalam rangka pemenuhan tugas P(M)KM Tahun ini kami mengadakan kegiatan di salah satu pondok pesantren Serambi Qur’an yang bertepatan di Kecamatan Sawangan Kota Depok. P(M)KM ini dilaksanakan selama satu hari yaitu pada tanggal 16 Oktober 2021, adapun judul yang kami lakukan yaitu “Pengembangan Keterampilan Dan Jiwa Kewirausahaan Dengan Mengkreasikan Kue Yang Mudah Di Dapatkan Di Era New Normal.

Untuk Pondok Pesantren ini baru berdiri sejak tahun 2017 dan baru mulai aktif penerimaan Santri pada Tahun 2019. Saat ini sudah ada sekitar 60 Santri yang terdiri dari 40 santri Perempuan dan 20 Santri Laki-laki mayoritas anak pesantren dari Pulau Jawa dan sekitarnya. Serta untuk umur anak santri disini sekitar 16 tahun kebawah disini kami bermaksud mengaktualisasikan antara teori dan praktek dalam bentuk kegiatan Mengkreasikan Kue yang mudah di Dapatkan di Era New Normal menggunakan biscuit Marie Regal dan Oreo membuatnya menjadi Bola Bola Coklat atau BoBoKlat Guna mengasah Kreatifitas anak-anak santri di Pondok Pesantren Serambi Quran dan juga pengembangan jiwa Kewirausahaan di masa Pandemi Covid-19 seperti ini.

BoBoKlat ini adalah salah satu Alternatif untuk dijadikan tempat Berusaha kecil dan mudah dilakukan dari kalangan milenial, karena hanya menggunakan bahan baku yang mudah didapatkan. Bola Bola Cokelat adalah semacam kue kering sederhana yang dibuat dengan bahan dasar biscuit Marie dan Oreo yang dibalur oleh Cokelat dan di hias menggunakan sprinkle berbentuk menarik dan cokelat meses berwarna warni yang dapat membuat tampilan BoBoklat ini menjadi sangat menarik perhatian. Rasa BoBoklat yang manis, enak dan lezat namun juga memiliki kandungan gizi yang tinggi cokelat mengandung anti oksidan yang baik bagi tubuh, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menormalkan tekanan darah dengan mengkonsumsi cokelat dalam porsi tertentu. Dimana biscuit marie mengandung energy, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin D dan kalsium yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk Konsepnya Sederhana hanya membuat Kue yang akan di hias serta untuk Modal pun tidak memerlukan biaya yang besar, Kegiatan Kami diawal yaitu melakukan kegiatan sosialisasi cara membuat BoBoklat lalu selanjutnya mengenalkan bahan dan peralatan yang di butuhkan adapun alat dan bahan yaitu untuk Bahan-bahan sangat mudah didapat Seperti Biskuit Oreo, Marie, Coklat Batangan, Mesis dan Springkle. untuk alat-alat hanya memerlukan Kompor, Mangkuk stainless, Spatula, Stick Escream, dan Plastik OPP.

Maksud dan Tujuan kami melaksanakan program ini yaitu untuk memberikan keterampilan dalam berwirausaha serta menumbukan ide serta kreatifitas kepada anak Santri di serambi Qur’an, yang diharapkan dengan adanya Program ini dapat memberikan ide-ide serta manfaat bagi para Santri kedepannya.

Kegiatan ini dihadiri Oleh Ust Taryana selaku Ketua di Pondok Pesantren Serambi Qur’an, dengan Mahasiswa yang melakukan kegiatan yaitu dihadiri oleh Ketua Pelaksana Nur Azizah dan Anggota Kelompok yang terdiri dari Dita Maharani, Linda, Siti Nabilla Angsar

Penulis

Nur Azizah, Dita Maharani, Linda, Siti Nabilla Angsar

Mahasiswa Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.