PROGRAM BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG

#Opini – Panti Asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial atau lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf yang berfokus membantu Anak Yatim, Piatu dan Dhuafa​  yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada Anak Yatim, Piatu dan Dhuafa dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan kepada mereka, memberikan layanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadianya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut aktif dalam bidang pembangunan nasional. 

Hal inilah yang mendasari kegiatan Pengabdian mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang mengenai Program Belajar Mengajar Matematika Bangun Ruang di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah yang berlokasi di Panti Asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial atau lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf yang berfokus membantu Anak Yatim, Piatu dan Dhuafa​  yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada Anak Yatim, Piatu dan Dhuafa dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan kepada mereka, memberikan layanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadianya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut aktif dalam bidang pembangunan nasional. 

Program Belajar Mengajar Matematika Bangun Ruang

Hal inilah yang mendasari kegiatan Pengabdian mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang mengenai Program Belajar Mengajar Matematika Bangun Ruang di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah yang berlokasi di Jl. W R Supratman No.8 Kel. Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat, Tangerang, Banten pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 13:00-16:00 WIB. PmKM merupakan kewajiban Tri Dharma yang harus dilaksanakan oleh para mahasiwa. Sebagai insan akademis, para mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) di tengah suasana pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Perwakilan Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat yaitu Ustadz Labib yang bersedia memberikan sambutan serta doa bagi kelancaran dan keberlanjutan acara ini untuk kedepannya, serta Ibu Aan Nurita sebagai pengurus Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat.

Lalu dari mahasiswa Universitas Pamulang dihadiri dan di ketuai oleh Mega Tri Lestari, MC oleh Adelia Pratiwi, pemateri Hilda Damayanti, dokumentasi Ayu Fitria Ningrum serta didampingi via online (google meet) dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Bapak Muhammad Sopiyana, S.Pd.I., M.Pd yang telah memberikan ketersediaan waktunya serta membimbing kami dari awal hingga berakhirnya kegiatan Pengabdian mahasiwa Kepada Masyarakat (PmKM) ini. 

Kegiatan Pengabdian mahasiwa Kepada Masyarakat (PmKM) ini kami laksanakan dengan tujuan agar anak-anak Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat mengerti dan memahami apa itu bangun ruang serta apa saja macam-macam dari bangun ruang itu sendiri. Karena dari informasi yang kami dapatkan saat survei, yaitu dengan bertanya secara langsung satu persatu kepada anak-anak Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat dimana yang mayoritas merupakan anak kelas 2-5 SD, mereka belum memahami apa itu bangun ruang serta apa saja macam-macam dari bangun ruang itu sendiri, maka dari situlah kami berinisiatif untuk memberikan materi serta mengajarkan mereka hal-hal yang berkaitan dengan bangun ruang.

Adapun materi yang dibawakan oleh Hilda Damayanti yaitu Matematika Bangun Ruang pada anak-anak Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat yang berjumlah 13 orang, membahas materi mengenai macam-macam bangun ruang seperti kubus, balok, bola, tabung dan kerucut, serta cara membuat bangun ruang kubus dari bahan dasar karton. Penyampaian materi tersebut disambut antusias oleh anak-anak Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat. Hal tersebut terlihat saat sesi tanya jawab, mereka begitu semangat untuk menjawab serta ingin menggali ilmu lebih dalam tentang bangun ruang.

Kegiatan-kegiatan Pengabdian mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) banyak dikelola dan diinisiasi oleh Himpunan-Himpunan Mahasiswa Jurusan dan/atau Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa. Hal ini membuka pintu kerjasama antar anak-anak Panti dengan Mahasiswa untuk melakukan kegiatan Pengabdian mahasiswa Kepada Masyarakat secara bersama. Peran untuk membuka pintu kerjasama antar anak Panti Asuhan dengan Mahasiswa Universitas Pamulang untuk melakukan pembelajaran Matematika Bangun Ruang. Mahasiswa yang bertugas memberikan arahan pada pembelajaran bangun ruang, serta memberikan ajaran sehingga anak-anak Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah mengerti serta paham dalam pembuatan dan perhitungan bangun ruang pada kubus, balok, bola, tabung dan kerucut.

Penulis :

Mega Tri Lestari, Adelia Pratiwi, Ayu Fitria Ningrum, Hilda Damayanti

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

0/5 (0 Reviews)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.