Serpong Utara – Forum Discusion Group (FDG) dan konsultasi publik Penyusunan Raperda Bantuan Partai Politik 2017 oleh Kesbangpolinmas Kota Tangsel digelar pada hari Selasa (31/1-2017) di Hotel Marilyn Jl.Raya Serpong Kel.Pakulonan Kec.Serpong Utara Kota Tangerang Selatan.

Dalam kegiatan tersebut hadir Narasumber, H.Abdul gani, Irban 2 Inspektorat Kota Tangsel, H. Oma, Kabid Anggaran DPPKAD Kota Tangsel dan H. Moch. Ramli, Ketua DPRD Kota Tangsel. Sebagai Ketua Panitia, Erwit Supriadi, Kabid Politik Kesbang.

Penyampaian, Kabid. Anggaran DPPKAD Kota Tangsel, H. Oma mengatakan pengurus Parpol segera berikan laporan pertanggung jawaban keuangan 2016, sehingga untuk bantuan dana bagi parpol tahun 2017 bisa segera kami proses pencairannya.

Baca Juga :  Kesiapsiagaan, Koordinasi, dan Sinergitas Jadi Kunci Tanggulangi Bencana

“Kami minta dari tiap parpol untuk segera memberikan laporan pertanggung jawaban keuangannya dalam mengajukan dana bantuan untuk parpol,” kata H. Oma.

Siapa yang dahulu menyampaikan laporan segera akan diproses dan dicairkan jadi tidak menunggu kolektif laporan tiap partai terkumpul semua.

Irban 2 Inspektorat Kota Tangsel, H.Abdul Gani mengatakan kami sangat apreasi dengan adanya rakor ini, maka lebih jelas regulasinya soal dana bantuan parpol, bantuan keuangan terhadap parpol diatur dalam kemendagri/pemendagri dan ini biasanya akan diperiksa oleh BPK/Inspektora, besarnya dana bantuan tiap kursi di tingkat kota tidak boleh lebih tinggi dari jumlah kursi di Provinsi.

Baca Juga :  Wali Kota Tangerang Kunjungi Kota Semarang, Cari Solusi Permodalan UMKM

Syarat pencairan bantuan dana parpol yaitu salah satunya adalah Parpol yang sudah memberikan LPJ keuangannya, baru DPPKAD akan bisa mencairkan dana bantuan tersebut.

Kegiatan Kesbangpol melakukan monitoring dan evaluasi terhadap parpol, juga termasuk syarat dalam pencairan dana bantuan parpol, karena kegiatan monitoring dan evaluasi Kesbangpol akan menjadi bukti apakah parpol sudah memberikan LPJ keuangan parpolnya.

“Jadi rekomendasi kesbangpol juga bisa menentukan apakah dana bantuan tiap parpol bisa cair/tidak,” ujarnya.

Baca Juga :  PWI Pusat Minta Polisi Usut Tuntas Kebakaran Rumah Wartawan Serambi Indonesia

Akhir bulan Januari adalah jadwal pemeriksaan LPJ keuangan parpol oleh inspektorat jadi untuk setiap parpol agar di persiapkan laporannya.

Sedangkan, Ketua DPRD Kota Tangsel, H. Moch. Ramli juga menyampaikan nanti akan dituangkan semua masukan dan usulan dari temen temen perwakilan Parpol mengenai mekanisme dan bentuk laporan pertanggung jawaban keuangan parpol sehingga akan memudahkan partai dalam membuat laporan.

“Dan insyaallah kedepan besaran dana bantuan akan ditingkatkan jumlahnya sehingga lebih mencukupi untuk kegiatan parpol,” katanya. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.