Serpong – Apel dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, yang dilaksanakan di lapangan Cilenggang Serpong, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hj. Airin Rachmi Diany menekankan tentang bahayanya berita hoax yang tersebar di media sosial (medsos).

Dalam pidatonya, Walikota Tangsel, Hj. Airin mengatakan, kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji, saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam Bhineka Tunggal Ika.

“Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini kemudian semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,” kata Hj. Airin pada Kamis (1/6-2017).

[ads1]

Walikota Tangsel ini mengajak kepada seluruh masyarakat untuk belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara. Khususnya generasi muda untuk lebih mengamalkan nilai – nilai pancasila didalam kehidupan sehari – sehari.

“Kita harus bisa memahami dulu apa itu Pancasila dan nilai – nilai yang terkandung didalam Pancasila seperti apa, ideologi itu harus diterapkan untuk disampaikan,” ujar Hj. Airin.

Selain itu, tambah Hj. Airin pemahaman Pancasila mengikuti perkembangan jaman. Sasarannya, dari usia dini harus mengenal Pancasila sebagai ideologi berbangsa.

“Sebenarnya sudah dibahas dari empat tahun lalu, materi Pancasila dikemas sebagai kurikulum di sekolah. Nanti saya akan tanya dinas terkait sudah sejauh mana perkembangannya,” ungkapnya.

Kemudian, apabila Pancasila sudah dikemas dalam bentuk materi, guru harus menyampaikannya secara menarik. Bisa melalui cara penyampaian yang menarik, atraktif dan bisa juga dengan alat peraga.

“Jangan seperti dulu pendidikan moral pancasila (PMP) diberikan dengan cara yang membosankan. Nah, makanya kali ini harus dikemas secara kekinian,” tututnya. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.