Pondok Aren – Hari ini adalah hari pertama siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) masuk sekolah, Senin (17/7-/2017).

Hari ini juga sebagai penanda dimulainya tahun ajaran baru 2017/2018 sesuai kalender pendidikan. Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri atau di bulan Syawal, hari pertama masuk juga diikuti dengan acara syawalan atau saling bersalaman antara guru dengan murid.

Seperti di SMP Negeri 14 di Kota Tangerang Selatan, siswa baru yang masuk langsung disambut oleh kakak kelas di pintu gerbang sekolah. Mereka saling bersalaman, kemudian juga bersalaman dengan para guru. Setelah itu masuk kelas masing-masing.

Baca Juga :  Geruduk RS Via Medika, Dinkes Kota Tangsel Dapati Temuan

[ads2]

Setelah hari pertama siswa masuk hingga beberapa hari ke depan sekolah terutama SMP Negeri 14 Tangsel akan melakukan pekan atau Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Kegiatan PLS harus bersifat mendidik/edukatif dan bebas dari perplonconan serta kekerasan.

PLS harus sesuai dengan Permendikbud No 19 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan Siswa Bru dalam mengadakan acara pengenalan lingkungan sekolah. PLS harus diinisiasi oleh pamong guru dan kepala sekolah. Artinya para senior tidak bisa menginisasi pelaksanaan PLS untuk siswa baru.

Baca Juga :  Bus Mayasari Terbakar Habis di Tol JORR Serpong

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tangsel, Drs. Taryono, M.Si mengatakan Gong Pembelajaran Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dipukul.

“Semua kita fokus bagaimana bekerja utk meningkatkan kualitas pembelajaran agar mampu mencetak generasi cerdas dan berkarakter,” katanya kepada BIDIKTangsel.com

Menurutnya pada 3 (tiga) hari pertama agar dilaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk mengenalkan peserta didik baru pada lingkungan baru, program dan kegiatan pembelajaran baru.

Baca Juga :  PemKab Pesawaran, Gelar Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 H

“Juga kesempatan menyampaikan program-program penguatan pendidikan karakter (PPK),” ujarnya. (*)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.