Serpong – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Provinsi Banten dan Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel memberikan pelatihan kualitas produksi bagi Pembedayaan Sentra-sentra unggulan usaha kecil di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Acara yang dilaksanakan di RM. Saung Serpong Kota Tangsel yang diikuti lebih kurang 100 peserta UKM dari Kota Tangsel.

Kepala Dinas KUKM Provinsi Banten, Hj. Maysaroh Mawardi, MM mengatakan sektor UKM merupakan penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) yang penting di kabupaten/kota setempat, seiring banyaknya pelaku sektor usaha tersebut.

Menurutnya, di Kota Tangsel saat ini terdapat ratusan sentra industri kecil menengah (IKM) yang menghasilkan berbagai jenis produk yang diorientasi kan ke pasar ekspor maupun pasar domestik.

Hj. Maysaroh menambahkan pelatihan tersebut dilakukan di sentra-sentra unggukan usaha kecil, sehingga para pelaku IKM tidak meninggalkan tempat kegiatan produksi. Adapun jenis usaha yang dijadikan sasaran pelatihan adalah usaha yang potensial meliputi makanan dalam kemasan, kerajinan, dan batik.

Plt. Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel yang diwakili oleh Kabid. KUKM, Ade meminta kepada Dinas KUKM Provinsi Banten, agar tidak hanya memberikan pelatihan tentang peningkatan kualitas produk, tetapi sekaligus memberikan kemudahan dalam pengurusan ijin Usaha Menengah Kecil (IUMK) dan tentang teknik pemasaran serta kiat bersaing di pasar.

“Pemasaran merupakan faktor penting demi kesinambungan usaha sektor IKM,” tuturnya. (*)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.