Tangerang Selatan (Tangsel) – Memperingati hari Sumpah Pemuda kini tidak lagi dilakukan dengan cara seremonial. Para pemuda generasi milenial lebih memilih kegiatan nyata dan bisa langsung dirasakan masyarakat.

Seperti yang dilakukan pemuda generasi milenial di Tangerang Selatan ini misalnya. Mereka yang tergabung dalam organisasi 1000 Guru, ini lebih memilih melakukan aksi sosial Traveling & Teaching (jalan-jalan sambil berbagi) kepada ratusan murid sekolah dasar (SD) 02 Buaran, di Camp Rimbun, Serpong Kota Tangsel.

“Sebenarnya kami melakukan kegiatan seperti ini tiap bulan. Namun hari ini agak sedikit berbeda karena bertepatan dengan momentum hari sumpah pemuda,” ungkap Shei, kordinator acara 1000 Guru di Kota Tangsel.

Kegiatan yang melibatkan puluhan volentir dari berbagai profesi ini, bertujuan untuk merangsang kreatifitas pada anak – anak sambil berbagi.

Seperti membuat batik celup, mendaur ulang botol plastik menjadi sebuah karya seni, bercocok tanam dan membuat layang-layang.

“Pencapaian terbesar komunitas ini ketika melihat anak muda peserta traveling and teaching mendapatkan manfaat dari perjalanan mereka,” kata Shei lagi.

Bahkan, lanjut Shei, mengubah anak-anak menjadi pribadi yang lebih baik, lebih peduli akan lingkungan, dan lebih memperhatikan pendidikan menjadi capaian tertinggi. (asn)

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.