Serpong – Tim Vipers gabungan SatReskrim Polres Tangerang Selatan dan Unit Reskrim Polsek Pagedangan dibawah pimpinan Kapolres Tangerang Selatan AKBP Fadli Widiyanto SIK.,SH.,MH dan Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan AKP A ALEXANDER SH.,SIK.,MM.,MSI serta Kapolsek Pagedangan AKP ARMY S S.Kom telah mengamankan barang Bahan Peledak berupa Potasium seberat 100 KG.

“Bahan tersebut sebagai Bahan Baku Petasan atau Mercon sebagaimana yang dimaksud Pasal 1 ayat 1 Undang Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan hukuman s/d seumur hidup atau hukuman mati,” kata Kapolres Tangsel, AKBP Fadli Widiyanto SIK.,SH.,MH, saat rilis di Mako Polres Tangsel, Selasa (19/12-2017).

Tempat Kejadian Perkara berada di tempat pembuangan Sampah Depan TPU Karang Tengah Kampung Malang Nengah  Lambur RT 03 / RW 01 Desa Karang Tengah, Kecamatan Pagedang, Kabupaten Tangerang.

“Tempat menyimpan bahan peledak untuk bahan baku Petasan atau Mercon pada tempat tersembunyi,” ujarnya.

Dari kronologis kejadian pada hari Minggu, (10/12) Team Vipers Sat Reskrim Polres Tangerang Selatan bersama Unit Reskrim Polsek Pagedangan telah menerima informasi dari masyarakat bahwa ada barang mencurigakan berupa karung yang dibuang di tempat pembuangan sampah.

Selanjutnya Team Vipers melakukan observasi sekitar lokasi tempat pembuangan sampah untuk mengetahui jenis barang dan terkait kepemilikan.

Dicurigai bahwa karung tersebut berisi Bahan Peledak berupa Potasium yang akan digunakan sebagai Bahan Baku Mercon atau Petasan.

Pada hari Senin, (18/12) diputuskan untuk melakukan pengecekan langsung terhadap barang tersebut karena telah seminggu lebih barang tersebut ditinggalkan atau dibiarkan oleh pemilik nya.

Team Vipers bersama tokoh warga,  tokoh masyarakat, dan aparat lain mendatangi TKP dan didapati karung yang dimaksud selanjutnya di buka dan di dapati 4 bungkus karung potasium seberat @ 25 Kg dan 4 ikat kertas untuk pembuatan petasan.

Barang Bukti kemudian diamankan di Mako Polsek Pagedangan dengan penempatan dan  pengawasan khusus.

Diketahui, wilayah hukum Polsek Pagedangan yang membawahi Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, secara tradisional terkenal dengan desa Petasan. Bahan yang berhasil diamankan oleh Team Vipers jika dikonversikan dapat menjadi Ratusan Ribu Butir Petasan Ledak dengan berbagai ukuran dan tingkat ledakan. (*).

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.