Kota Tangerang – Dalam penilaian PHBS, tim juri Kota Tangerang berkunjung ke wilayah Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh ke Kampung KWT Mekar Jaya Asri RW 05. Kampung Warna warni ini adalah perwakilan objek penilaian yang mewakili dari Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu(07/2/2018).

Tim penilai terdiri dari Ketua PKK Kota Tangerang Aini Suci Arief R Wismansyah, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup dan Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Kota Tangerang beserta jajarannya dan dihadiri Bapak Camat Cipondoh Kiki Wibhawa AP MSI beserta jajarannya, Lurah Gondrong Basuni S Sos, dan beberapa anggota Ibu PKK baik dari tingkat Kecamatan dan Kelurahan Kota Tangerang.

Kedatangan Ketua PKK Kota Tangerang Aini Suci Arief R Wismansyah disambut antusias oleh ibu ibu PKK dan perkumpulan majlis talim dengan diiringi tabuhan musik rebana, dan warga sekitar.

Dalam sambutannya Ketua PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah juga menginginkan masyarakat berprilaku hidup sehat, serta memberikan motivasi dan inovasi kepada warganya, untuk selalu menyayangi halaman dan lingkungan yang asri, karena dengan lingkungan nan indah membawa kesehatan serta membiasakan hidup sehat serta penghijauan yang membuat nyaman.

Aini Suci Wiswansyah menambahkan, Sepuluh point indikator Perilaku Sehat dan Bersih yang sudah diterapkan kepada warganya, yakni Persalinan harus dapat ditolong oleh Tenaga Ahli Kesehatan pada Bidan Dokter bahkan Rumah sakit, selalu memberikan asi esklusif, harus menimbang bayi dan balita agar dapat diketahui kesehatannya.

“Selalu menggunakan air bersih dalam segala hal, untuk minum, makan, mencuci bahkan kebutuhan semuanya, selalu ajarkan anak-anak kita untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun mandi, harus menggunakan jamban kebutuhan sehari-hari, harus menjaga jangan sampai ada jentik nyamuk di lingkungan kita,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, dengan diajarkannya bertani serta bercocok tanam untuk menghasilkan buah dan sayuran hingga dapat memakan sayuran dan buah-buahan, dapat melakukan aktifitas fisik dalam kesehariannya dan ajarkan keluarga dan saudara agar jangan merokok di dalam rumah, karena asap udaranya.

Selain sebagai Pengerak PKK, dirinya juga mengajarkan masyarakat Kota Tangerang menjadi cinta keindahan, cinta lingkungan, cinta kenyaman, serta cinta akan kebersihan untuk dapat hidup sehat. Dia juga berharap kepada warga, terutama dukungan kepada RW dan RT.

“Kampung PHBS di RW05 Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Tangerang Kota siap membawa perubahan dan perbaikan untuk kedepannya, semoga saja Kampung KWT Mekar Jaya Asri menjadi kategori terbaik dari tim penilai,” ujar Lurah Gondrong Basuni S Sos.(Sur/Ivan)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.