Kabupaten Tangerang – Gelar Rapat Kerja Teknis Pengawasan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati Wakil Bupati Tangerang (Pilbup Wabup) tahun 2018, dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) di Hotel Yasmin. Senin 26-02-2018.

Muslih,  Ketua Panitia Pengawas Pemilu dan dibantu Komisioner Andi Wirawan, mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan di Hotel Yasmin Karawaci, Binong, Curug, selama 3 hari mulai 26 Pebruari 2018 itu, dimana ia menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Pusat dan Provinsi.

“Dari 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang ini, baik yang bertugas di Desa maupun di Kelurahan, hadir dalan Raker teknis pengawasan ini ,” ucap Muslikh pada Zona Indonesia, seusai pembukaan rapat kerja.

Dikatakan olehnya, bahwa kegiatan rapat kerja teknis pengawasan DPT pada Pilbup Wabup 2018 yang digelar, gunanya untuk dapat mengetahui dan menganalisa masalah serta potensi sengketa agar dapat mencarikan solusinya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Komisioner Panwaslu Kabupaten Tangerang, Andi Irawan, mengatakan bahwa para peserta yang mengikuti kegiatan raker ini, nantinya dalam bertugas benar-benar menjaga rahasia dan tidak memberikan data pada pihak manapun.

“Bila nantinya ada warga yang belum tercoklit atau terdaftar boleh meminta kepihak KPU ( Komisi Pemilihan Umum sehingga PPS (Petugas Pemungutan Suara), karena itu ranahnya, agar bisa dapat menyinkronnya,” paparnya

Panwaslu, katanya, merupakan sebagai lembaga negara yang bertugas mengawal proses demokrasi. Bila nantinya ada institusi pengawasan lain yang memerlukan data dari Panwaslu harus difahami memiliki fungsi ganda. Ada diantaranya data-data yang harus disampaikan kepada publik, namun ada juga data yang harus dijaga dengan baik.

“Bahwa fungsi pengawasan itu dinilai penting dan sangat diperlukan untuk bisa memberikan informasi. Jika nantinya ada institut lain memerlukannya, bisa dapat mengajukan permohonan dengan mengikuti mekanisme yang ada ,” jelasnya.

(Sur/fatah)

Facebook Comments

Redaksi

BidikTangsel.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.