Implementasi Permendagri No 19/2018, Disdukcapil Tangsel Cetak KTP El 1 Hari Jadi

Implementasi Permendagri No 19/2018,  Disdukcapil Tangsel Cetak KTP El 1 Hari Jadi

Serpong – Pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melayani masyarakat.

Untuk membantu berbagai pekerjaan mengenai pendaftaran kependudukan yang sesuai dengan berbagai standar yang diperlukan maka pemerintah membuat suatu sistem baru yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

Tujuan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan adalah untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dalam rangka Implementasi Permendagri nomor 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas Layanan Administrasi Kependudukan disampai kan hal sebagai berikut :

1.Terhitung mulai tanggal 09 Juli 2018 pencetakan KTP el dilakukan 1 (satu) hari dengan ketentuan status perekaman pemohon dinyatakan PRR (print ready record) dan jaringan data center kemendagri tidak mengalami gangguan

2. Permohonan pencetakan KTP el hanya dapat dilakukan oleh pemohon langsung tanpa diwakilkan dengan melampirkan form permohonan pencetakan KTP el.

3. Pendaftaran Pencetakan KTP el dilakukan melalui pendaftaran online dengan mengakses web dukcapil dengan alamat www.disdukcapil.tangerangselatankota.go.id

4. Pemohon yang baru melakukan perekaman dikecamatan, langsung didaftarkan melalui online oleh petugas registrasi kecamatan untuk selanjutnya melakukan pencetakan ke dinas dengan membawa form permohonan penceta-kan yang telah di registrasi petugas kecamatan.

5. Untuk permohonan pencetakan KTP el dengan kategori hilang, rusak, perubahan elemen data dan pindah datang dilakukan secara online oleh pemohon langsung tanpa melalui kecamatan

6. Pemohon yang tersebut pada poin 5 yang mengalami kendala dalam pendaftaran online dapat dilakukan di kecamatan dengan bantuan petugas registrasi kecamatan.

Menurut Kadisdukcapil Kota Tangsel,  Dedi Budiawan mengatakan bahwa pencetakan KTP el 1 hari dapat dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah ketersediaan blangko KTP el, kemampuan operator dan ketersediaan alat cetak KTP el.

“Dengan perberlakuan pencetakan KTP el 1 hari, maka seluruh pengajuan KTP el secara kolektif ditiadakan,” tegasnya kepada media ini.

Dedy juga menghimbau kepada seluruh perangkat kecamatan dan kelurahan untuk dapat menyampaikan informasi terkait ketentuan pencetakan KTP el kepada seluruh masyarakat.

Untuk memudahkan koordinasi dapat menghubungi : Heru Sudarmanto (Kabid pelayanan pendaftaran Penduduk) : WA.82111153422 dan Mira Anggraini (Kasi Identitas Penduduk) : WA 081315355950

Diketahui, pelaksanaan program yang dilaksanakan pemerintah mampu menerapkan pelayanan umum dan cepat yang menjamin kemudahan, kelancaran, dan tepat waktu.

Melalui sumber daya diharapkan dapat
terlaksananya program E-KTP dalam
pemberian pelayanan yang prima kepada
masyarakat baik dari segi substansial
maupun teknis. (***)

Redaksi