Lurah Se-Tangsel Berpartisipasi Dalam Festival Ondel-Ondel Di Ciputat

Lurah Se-Tangsel Berpartisipasi Dalam Festival Ondel-Ondel Di Ciputat

CIPUTAT – Ratusan Ondel-Ondel yang berasal dari 54 Kelurahan yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti kegiatan festival Ondel-Ondel yang digelar dalam rangka HUT Kota Tangsel ke-10.

Festival yang diselenggarakan Minggu (11/11) Pukul 09.00 Wib, bertempat di Lapangan Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel.

Ratusan Ondel-Ondel tersebut melakukan carnaval atau arak-arakan dari Lapangan Kecamatan Ciputat hingga ke Kandank Jurank Doank diiringi lagu Ondel-Ondel.

Kepala Bidang Pengelolaan Destinasi dan Daya Tarik Wisata pada Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Evi Karinawati, menjelaskan, festival ondel-ondel digelar sebagai upaya melestarikan seni budaya betawi.

“Terima kasih kepada Lurah Se-Tangsel yang sudah berpartisipasi dalam festival Ondel-Ondel ini,”ungkapnya.

Dia berharap, dengan festival ondel-ondel ini dapat memberikan dampak yang luas kepada masyarakat Tangsel dalam aspek ekonomi.”Diharapkan, kegiatan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dibanggakan setiap tahunnya,”ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata kota Tangsel, Judianto, menjelaskan, dengan Festival Ondel-ondel ini seluruh komponen masyarakat dapat bersatu padu secara harmonis dalam rangka melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisional betawi.

“Sehingga tetap eksis dan tidak tergerus oleh deras arus globalisasi bahkan dapat bersaing di kota metropolitan yang serba modern ini,” tukasnya.

Judianto menjelaskan, kegiatan ini tidak hanya festival Ondel-Ondel saja, namun juga ada kegiatan untuk anak-anak membuat miniatur Ondel-Ondel dari Kok atau bola bulu tangkis.

Tidak hanya anak-anak yang membuat miniatur Ondel-Ondel, Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany beserta Kepala Dinas Pariwisata pun membuat miniatur Ondel-Ondel.

Dengan telaten, Walikota membuat miniatur Ondel-Ondel perempuan dengan menggunakan pakaian berwarna hijau. “Dulu saya juga pernah membuat seperti ini, namun dengan bahan yang berbeda,”ungkapnya.

Hj. Airin menjelaskan, setiap tahun seiring dengan kemajuan jaman,bahan pembuatan miniatur mainan ini pun berbeda-beda.”Saya sangat apresiasi dengan pembuatan miniatur ini, “katanya.

Hj. Airin mengucapkan selamat dan sukses dengan kegiatan yang diselenggarakan ini. “Festival ini sebagai upaya melestarikan budaya dan pelaksanaan ini tidak hanya Arak-arakan Ondel-Ondel saja, melainkan ada transfer ilmu pengetahuan kepada anak-anak kita dengan membuat miniatur mini Ondel-Ondel,”singkatnya. (humas-kominfo)

Redaksi