Categories: News Tangsel Setu Tangerang Selatan

Berakhlakul Karimah Melalui Penerapan Nilai-Nilai Sholat

Setu – Giat Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H, dengan tema “Berakhlakul Karimah Melalui Penerapan Nilai Nilai Sholat”, bersama penceramah Ustadz. Aswan Al-Bukhori, di Masjid Jami Al-Ittihad, Kampung Baru Asih Rt 08/03 Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya, Anggota DPRD Kota Tangsel, H. Abdul Rasyid, S. Ag, mengatakan dalam kesempatan yang baik ini kita masih di berikan kesehatan oleh Allah Swt, dan kita bisa bersilatu- rahmi di tempat yang berbahagia ini.

“Saya bangga kepada masyarakat Kota Tangsel setiap masjid saya lihat memperingati kegiatan isro miraj ini, dan ini sesuai dengan moto Kota Tangsel yaitu Kota yang cerdas, modern dan religius, ini merupakan suatu momen yang penting untuk kita saling mengenal.

Ia berharap mudah mudahan kegiatan ini menjadi suatu momentum agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi.

” Saya selaku Ketua Karang Taruna Kota Tangsel dan anggota DPRD Tangsel mengucapkan permohonan maaf yang sebesar besarnya, dan semoga kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah Swt, amin,” ujarnya.

Sedangkan, Sekcam. Kecamatan Setu Kota Tangsel, Saefudin, S. Pd. M. Si, mewakili Camat Setu mengatakan disela sela hari libur kita yang semestinya santai tapi hari ini kita hadir ditempat yang berbahagia ini, untuk menuntut ilmu mendengarkan ceramah agama.

“Saya bertugas di Kecamatan Setu ini baru 2 bulan, saya bersyukur bisa bertatap muka dan bersilaturahmi dengan bapak-bapak dan ibu semua, semoga dengan silaturahmi ini kita selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT, semoga Allah mengutus para malaikat dan menjaga kita selamanya.

Ia juga menjelaskan bahwa program di Kecamatan Setu banyak terkait pelayanan kepada masyarakat, salah satunya Jumari yaitu Pelayanan Jumat malam hari.

“Saya melihat banyak sekali anak muda yang mengadakan acara ini dan merupa kan suatu kebanggaan bagi kami karena anak muda di Kota Tangsel ini semuanya kreatif dan rajin, semoga kita semua selalu di berikan keberkahan oleh Allah Swt,” ujarnya dalam sambutan tersebut.

Ia berharap, mudah mudahan kita dalam menyambut bulan ramadhan ini dengan penuh kegembiraan dan selalu diberikan kesehatan, dan kemudahan rejeki oleh Allah SWT.

Sementara itu dalam Tausiyah, Ustadz. Aswan Al-Bukhori, selaku Dai/Penceramah menyampaikan bahwa Akhlakul karimah adalah suatu perbuatan / tingkah laku yang baik, seperti misalnya saling hormat menghormati, tolong menolong dan hal hal lain yang berbentuk baik untuk diri kita pribadi dan untuk orang lain secara umum.

Menurutnya, berbuat baik kepada sesama adalah kewajiban bagi setiap manusia, Perintah tersebut memewajibkan kepada kita utuk senantiasa selalu berbuat baik kepada kedua orang tua, wajib berbuat baik terhadap sesama, berbuat baik terhadap anak yatim dan berbuat baik terhadap orang orang miskin atau orang yang tidak mampu.

Selain itu katanya, kita juga di wajibkan untuk senantiasa selalu mengucapkan kata-kata yang baik dengan sesama manusia. Jadi Allah memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat dan membayar zakat, Allah SWT. memerintah kan kepada kita untuk senantiasa selalu berbuat baik dengan sesama manusia.

“Sekarang ini kita bisa melihat begitu banyak remaja yang suka bergaya, berperilaku, dan meniru artis asing. Contohnya korean style yang sedang mewabah di kalangan remaja. Ironisnya, hal itu juga diikuti remaja muslim,” ujar Ustadz. Aswan Al-Bukhori dalam Tausyiah tersebut.

Memang, kegiatan meniru sang idola bagian dari pembentukan pribadi remaja dalam tahap pencarian jati diri. Dalam ilmu psikologi hal itu sah saja selama kegiatan meniru bernilai positif.

Namun yang disayangkan, lebih banyak kegiatan meniru itu justru bernilai negatif dan berpotensi merusak mental kepribadian remaja. Bahwasanya kenyataan dalam hidup ini kita harus senantiasa selalu melakukan hal yang terbaik, baik itu untuk diri kita sendiri pribadi ataupun untuk orang lain/masyarakat umum.

Didalam Al-quran Allah SWT juga befirman yang artinya “Dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah SWT menyukai orang orang yang berbuat baik”.

Marilah kita selalu membiasakan diri untuk berbuat baik kepada diri sendiri dan sesama, meningkatkan ketaqwaan kita dengan senantiasa selalu berbuat baik, saling menghargai, saling menghormati, menjalankan segala yang telah di perintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi segala hal yang dilarangnya, seperti halnya sholat lima waktu dan sholat sunah lainnya yang kita kerjakan setiap hari.

“Itupun merupakan salah satu akhlakul karimah karena dengan sholat dapat merubah sifat dan tingkah laku seseorang yang tadinya tidak baik menjadi baik, itulah fungsi nilai nilai sholat dalam membentuk hati dan jiwa yang berakhlakul karimah,” tegasnya. (***)

1337 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :
Share
Tags: Berakhlakul Karimah Melalui Penerapan Nilai-Nilai Sholat
Redaksi

Comments are closed.

Recent Posts

  • News Tangsel
  • Ngopi Se Warung
  • Opini

Trending Tagar #2020TangselBebas

Ngopi Se Warung, Opini - Uten Sutendy, seorang penulis sekaligus filsuf, yang malam itu (14/8) memancing kegaduhan di sebuah grup… Read More

10 jam ago
  • Banten
  • Hukum
  • Nasional

Kapolda Banten Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Polres Cilegon

Cilegon - Dengan Mengucapkan Bismillah, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir Msi, meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Riadus Sulton… Read More

11 jam ago
  • Nasional
  • News Tangsel

KETUA BHAYANGKARI DAERAH BANTEN GELAR TATAP MUKA DENGAN BHAYANGKARI CABANG BRIMOB

Serang, bidiktangsel.com - Dalam Rangka kunjungan kerja Bhayangkari, Ketua Bhayangkari Daerah Banten Ny. Niken Tomsi Tohir beserta pengurus bhayangkari daerah… Read More

2 hari ago
  • Kota Tangerang
  • News Tangsel

400 orang lebih Peserta Meriahkan Karnaval HUT RI ke-74 di Jalan Pahala

Kota Tangerang, bidiktangsel.com - Warga Kampung Merah Putih Rw 013 berkerumun di tepi Jalan Pahala Karang tengah Kota Tangerang, mereka… Read More

2 hari ago
  • Hukum
  • Nasional
  • News Tangsel

Dit Samapta Polda Banten, Cegah Aksi Premanisme dengan Patroli Dialogis

Banten, bidiktangsel.com - Meningkatkan rasa aman di dalam masyarakat dan wilayah Banten, Personel Quick Wins Program III oleh Dit Samapta… Read More

3 hari ago
  • Nasional
  • News Tangsel

HUT RI Ke-74, Irwasda Polda Banten : Jadikan Momen Pemersatu Bangsa

Serang - Sejumlah Pejabat Utama dan personel Jajaran Polda Banten tampak mengikuti rangkaian acara Peringatan HUT RI ke-74 yakni Upacara… Read More

4 hari ago