Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel Buka Jambore Aku Cinta Koperasi

Serpong – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel membuka kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi dalam rangkaian Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Kota Tangsel Ke 71 Tahun 2018, Sabtu (1/9-2018).

Kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi berlangsung di Yonkav 9/SDK Cobra Serpong Utara Kota Tangsel dihadiri, oleh Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Tangsel, drg. Dahlia Nadaek,M.Kes, Kabid. Koperasi, Hj. Nurhayati, M.Pd, Kabid. Organisasi Dekopinda Tangsel, Ratna, Ketua Pelaksana, Hendro Wibowo, SEI, MM, para Narasumber dan peserta jambore se-Tangsel.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Hendro Wibowo, SEI, MM mengatakan acara ini terselenggara berkat bantuan dan dukungan dari Pemkot. Tangsel melalui Dinas Koperasi Dan UKM dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi Daerah ke 71 Tingkat Kota Tangsel yang rencananya akan berlangsung pada 11 sampai 14 Oktober 2018 mendatang.

“Terimakasih kepada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, tanpa sinergi dan kerjasamanya tidak akan mungkin dapat terlaksana,” katanya selaku Ketua Pelaksana Harkopda Ke 71 Kota Tangsel.

Menurut Hendro, Jambore Aku Cinta Koperasi akan mengikuti perlombaan perkoperasian diantaranya akan diberikan pembekalan dan pengenalan, materi Public Speaking, Materi dari BNN Tangsel dan materi Koperasi Kita dari LAPENKOP maupun materi dari DEKOPINDA Tangsel dan Dinas Koperasi & UKM Kota Tangsel.

“Kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi ini diikuti oleh kontingen perwakilan dari 25 sekolah di Kota Tangsel, terdiri dari 100 orang peserta dan 4 koperasi sebagai pendamping,” ucapnya.

Hendro juga menjelaskan acara ini selain edukasi tentang perkoperasian, publik speaking dan lainnya menjadi salah satu syarat, selain acara ini ada acara besar berupa Harkopda Ke 71 Kota Tangsel dan salah satu rangkaian kegiatannya adalah Cerdas Cermat Koperasi.

“Jambore Aku Cinta Koperasi ini sebagai pembekalan dalam mengikuti cerdas cermat Koperasi yang nantinya pemenang akan mewakili Kota Tangsel di Harkopda Tingkat Provinsi, jadi harus mempersiapkan diri maupun secara mental,” ujarnya.

Ia berharap kepada para peserta untuk ikut membantu dalam menyukseskan acara Harkopda Ke 71 Kota Tangsel yang designnya sedang dipersiapkan dan dapat memberikan ide-ide cermerlang.

“Saya harap partisipasi koperasi sekolah untuk dapat turut serta dalam rakaian acara Karnaval di Harkopda Kota Tangsel yang Insya Allah akan mendapat rekor MURI nantinya,” tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, drg. Dahlia Nadaek mengatakan bahwa kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi Ini hendaknya memunculkan kaderisasi, sehingga para pemuda mengenal lebih jauh apa itu koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

“Jambore Aku Cinta Koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal,” katanya dalam sambutan pembukaan tersebut.

Dahlia Nadaek berharap, dengan kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi, hendaknya dapat memunculkan kaderasasi sehingga para pemuda dapat mengenal lebih jauh apa yang disebut koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

”Jambore Aku Cinta Koperasi ini menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan disekolah, di masyarakat dan mampu menciptakan entreprenuer muda dimasyarakat serta bagian dari upaya pemerintah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada kaum muda sejak awal,“ ujar Dahlia.

Setelah pembukaan Jambore Aku Cinta Koperasi yang ditandai dengan bunyi serine oleh Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel dan diikuti oleh semua peserta, acara dilanjutkan dengan dialog dan foto bersama. (Adv)

960 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :

Update Berita BidikTangsel