Dinkes Kota Tangsel Periksa Kesehatan Sopir Bus Di Terminal Pondok Cabe

Pamulang – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel melakukan pemeriksaan kesehatan puluhan sopir bus angkutan mudik lebaran 2018, Rabu (13/6-2018) lalu.

Kegiatan pemeriksaan kesejatan tersebut berlangsung di Terminal Pondok Cabe Pamulang, Kota Tangsel bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel dan BNN Kota Tangsel.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan pada saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, beberapa sopir dinyatakan memiliki penyakit hipertensi dan ganguan penafasan (ISPA).

“Penyakit yang dialami para sopir tersebut kebanyakan hipertensi, ada juga penyakit gangguan saluran pernafasan dikarena kan faktor umur,” katanya.

Suhara Manullang menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan para sopir Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini melibatkan Dinkes Kota Tangsel untuk pemeriksaan umum, ada juga peran BNN Kota Tangsel untuk tes narkoba.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan BNN Kota Tangsel dalam rangka mudik lebaran, kita periksa sebanyak 27 sopir,” jelasnya.

Menurutnya, dari 27 awak bus yang kami periksa semuanya negatif narkotika dan  penyakit hipertensi ada 8 awak bus, kemudian ISPA serta beberapa awak bus yang usianya harus dievaluasi.

Untuk beberapa awak bus yang mengidap hipertensi, para sopir tersebut tetap dianggap layak dan mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan untuk melanjutkan perjalanan.

“Yang penting dari pemeriksaan ini, para awak bus bisa menyadari kondisi mereka. Sehingga kalau dia sudah merasa tidak kuat, ya jangan dipaksakan untuk jalan,” ucapnya.

Dinas Kesehatan Kota Tangsel melaku kan beberapa tahap pemeriksaan kesehatan terhadap para awak bus yakni tensi darah, riwayat penyakit dan tes urine. Dalam pemeriksaan di Terminal Pondok Cabe kali ini tidak ditemukan sopir yang positif mengkonsumsi narkoba. (***).

4987 Di Lihat 6 Dibaca