Dinkes Tangsel Ajak Bhayangkari Lakukan Pemeriksaan

PAMULANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Bhayangkari Polres Tangsel bekerjasama menggelar kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tes pencegahan dini kanker leher rahim (serviks).

Pemeriksaan tes IVA dilakukan secara massal kepada 250 bhayangkari dan Polwan di Lingkup Polres Tangsel. Pemeriksaan dilakukan di Puskesmas Pondok Benda, Kemarin.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Tangsel, Evi Puji Lestari, menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dalam hal upaya deteksi dini terhadap kanker leher rahim dan juga deteksi kanker payudara.

Pemeriksaan dilakukan dengan pemeriksaan IVA dan sadanis tes.

“Upaya deteksi dini ini, secara rutin dilakukan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang ada di Tangsel dan menjadi bagian dari pelayanan setiap hari kerja. Hal ini adalah bagian dari tanggung jawab pemerintah dalam rangka menyehatkan masyarakatnya, jika dalam pemeriksaan IVA dan Sadanis tes diketahui ada kelainan gynekologi atau pun pralesi kanker, maka dilanjutkan pemeriksaan intensif dan jika masih pada stadium awal maka dapat segera dilakukan terapi dingin (cryotherapi) ” terangnya.

Pemeriksaan dilakukan oleh tenaga medis dan dibantu oleh Puskesmas Benda Baru.

“Kita ingin seluruh wanita usia subur di Tangsel bebas dari kanker serviks dan kanker payudara, sehingga pemeriksaan ini harus dilakukan bagi wanita usia subur,” katanya. (humas_kominfo)

354 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 21 September 2018 7:18 pm

Update Berita BidikTangsel