DPMP3AKB Tangsel Dampingi Pelaku Usaha Rumahan Wanita

CIPUTAT – Sebanyak 70 peserta dari 7 Kecamatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapatkan Pemberdayaan Usaha Rumahan Untuk Meningkatkan Produktifitas Keluarga dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangsel.

Menurut Kasi Kualitas Hidup Perempuan DPMP3AKB Tangsel, Mercy Apriyanti kegiatan ini berupa pendampingan kepada para ibu yang memiliki usaha rumahan, baik kuliner, craft maupun usaha lainnya.

“Masing-masing kecamatan mengirimkan peserta yang berbeda setiap bulannya secara bergantian. Hal ini agar para ibu yang ingin mendapatkan pendampingan bisa mendapatkan secara bergiliran,” ungkapnya di Balai Kota Tangsel, Ciputat pada Selasa, 4 Desember 2018.

Menurutnya, selain ada orang yang memang mendampingi dan mengajak mereka untuk selalu semangat menjalani usaha, ada juga dari Provinsi Banten yang menyampaikan tentang Sistem Jendela Informasi Wanita (Si Jelita).

Aplikasi Si Jelita tersebut mempunyai empat  item yang didalamnya terdapat pembeli, pelaku usaha, modal dan supporting. Aplikasi ini mempermudah masyarakat terutama kaum perempuan untuk dapat berkontribusi memaksimalkan potensi – potensi perekonomian yang ada melalui teknologi informasi. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk membeli serta memudahkan masyarakat untuk menjual.

“Selain itu juga ada dari bank BJB yang menyampaikan tentang permodalan. Dimana bisa diakses tanpa jaminan,” kata Mercy.

Upaya dari DPMP3AKB adalah selalu mendampingi perempuan yang ingin meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya melalui usaha yang mandiri.

“Harapannya mereka bisa mendapat pengetahuan agar mengenal berbagai jenis pemasaran baik itu offline maupun online,” bebernya. (Humas-Kominfo)

239 Di Lihat 5 Dibaca
Bantu Share :

Update Berita BidikTangsel