Drs. Taryono, M.Si Kukuhkan Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI)

CIPUTAT – Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Tangsel periode 2018 – 2023 secara resmi dikukuhkan dan dilantik di Ruang Blandongan Gedung Utama Lt. 4 Balai Kota Tangerang Selatan, pada Rabu, 28 November 2018.

Pelantikan pengurus APSI Kota Tangsel ini mengangkat tema “Optimalisi Peran dan Fungsi Pengawas Dalam Peningkatan Kinerja dan Profesionalisme Pengawas Sekolah/Madrasah Menuju Pendidikan yang Lebih Maju dan Bermutu di Kota Tangerang Selatan.”

Acara ini dihadiri Walikota Tangsel yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, Ketua APSI Provinsi Banten, Marzuki Rahman beserta pengurus, Pembina APSI Tangsel, Sukirman dan Ratnaningsih serta Kepala Sekolah/Madrasah se-kota Tangsel dan para pengawas Diknas dan Kemenag Kota Tangsel.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono, mengatakan, keberadaan APSI Kota Tangsel. APSI merupakan bagian dari pendidik dan tenaga pendidikan yang memiliki tanggung jawab, wewenang, dan peranan dalam pembinaaan dan pengawasan terhadap pendidikan sekolah maupun madrasah, baik dalam bidang akedemik maupun manajerial sekolah.

“Keberadaan APSI Kota Tangsel diharapkan mampu menjadi wadah konsolidasi, revitalisasi organisasi, sekaligus mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan. Keberhasilan penyelenggara pendidikan yang berkualitas sangat berkaitan dengan keberhasilan dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik. Seorang pengawas harus memiliki keperibadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian, dan pengembangan serta kompetensi sosial yang handal,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua APSI Provinsi Banten Marzuki Rahman, berpesan agar APSI Tangsel menjadi organisasi yang independen dan mandiri, pengurusnya memiliki jiwa pekerja keras dan ikhlas.

“Pengurus APSI tidak mendapat gaji ataupun tunjangan. Tapi saya berharap pengurus APSI Tangsel yang baru dilantik bersabar dan amanah dalam menjalankan tugasnya mengawasi sekolah dan madrasah demi peningkatan dan kemajuan pendidikan di Kota Tangsel, khususnya, dan di Provinsi Banten pada umumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua APSI Kota Tangsel Saprudin, meminta kepada semua pihak, terutama kepada seluruh pengurus APSI, agar dapat bekerjasama dalam membuat program.

“Terima kasih kepada kawan-kawan yang mempercayai saya menjadi Ketua APSI Kota Tangsel, dan semoga amanah ini dapat dijalankan dengan baik untuk kemajuan dan kualitas pendidikan di Kota Tangsel,” harapnya.

Dirinya menambahkan sebuah organisasi akan berjalan dengan baik jika anggotanya saling berkoordinasi. Untuk itu, APSI mempunyai beberapa program untuk mensejahterakan pengawas sekolah dan madrasah.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak berharap dengan adanya APSI ini kualitas pendidikan di Kota Tangsel semakin baik.

“Saat ini masih ada kesenjangan pendidikan karena keterbatasan fasilitas yang ada. Ini menjadi tantangan bagi APSI Kota Tangsel agar ke depan tidak ada kesenjangan lagi,” pungkasnya. (Humas-Kominfo)

444 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :

Update Berita BidikTangsel