Malam Hari Masyarakat Disuguhi Festival Pertunjukan Rakyat

Kota Tangerang – Lapangan Ahmad Yani terus diisi dengan rangkaian acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi atau disingkat SAIK 2018 yang berlanjut hingga malam hari.

Dimalam hari masyarakat Kota Tangerang disuguhi dengan Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional. Pertunjukkan ini menampilkan berbagai kesenian dari seluruh penjuru Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.

Niken Widiastuti selaku Direktur Jenderal IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Republik Indonesia membuka langsung Festival Pertunjukan Rakyat malam ini di Lapangan Ahmad Yani, Minggu (2/12).

“Dengan adanya Festival Pertunjukan Rakyat ini kita diajak keliling Indonesia, karena penampilan dari berbagai daerah akan tersaji di festival ini sampe hari terakhir,” ujar Niken dalam sambutannya.

Niken menambahkan tujuan digelarnya festival ini adalah agar masyarakat saling mengetahui budaya atau pun kekayaan yang ada di Indonesia.

“Yang perlu kita ketahui bahwa Indonesia ini kaya akan budaya. Dan yang paling penting baik peserta maupun pengunjung yang datang dapat saling tegur sapa walau berbeda bahasa,” tambah Niken.

Niken juga berpesan bahwa seni pertunjukan rakyat bukan hanya merupakan tontonan tetapi juga tuntunan yaitu menyampaikan informasi dan nasehat yang terdapat dalam cerita.

“Profokasi, fitnah, berita yang tidak ada sumbernya tidak patut kita share,” pesan Niken.

Sementara itu, pertunjukan rakyat yang dimulai pukul 19.00 WIB sudah dipadati warga sejak sore hari. Seperti salah satu warga asal Sangiang yang bernama Viky. Ia mengetahui acara festival ini melalui akun sosial media Humas Pemkot Tangerang.

“Penasaran makanya langsung meluncur kesini,” ujar Viky.

“Semoga makin banyak lagi acara kayak gini, biar mengedukasi masyarakat khususnya Kota Tangerang,” harapnya.

Acara pembukaan Festival Pertunjukkan Rakyat dimulai dengan tampilan Seni Tradisi Tari Rapa’i Geleng dari Aceh. Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Pertunjukan Rakyat dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Bangka Belitung, dan terakhir Sulawesi Barat. Festival Pertunjukan Rakyat ini akan dilanjutkan esok hari sampai dengan pengumuman pemenang pada Anugerah Media Humas di tanggal 4 Desember 2018. (***)

322 Di Lihat 17 Dibaca
Bantu Share :

Update Berita BidikTangsel