Categories: Nasional News Tangsel

Pekerja Sosial Berperan Membangun Manusia yang Berkesejahteraan

Jakarta – Pekerja sosial memiliki peran dalam proses pembangunan kesejahteraan suatu daerah. Karena pekerja sosial menjadi salah satu profesi pertolongan kemanusiaan yang harus berani hadir dan tampil sejajar dengan profesi lainnya.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) DKI Jakara, Mariana menyampai kan, jika melihat kondisi DKI Jakarta, perlu peran pekerja sosial untuk menjadi profesi yang diperhitungkan dalam membangun manusia yang berkesejah teraan.

“Ini menjadi momentum yang sangat penting bagi para pekerja sosial untuk mengingat tentang tujuan dan harapan profesi pekerjaan sosial di tengah-tengah masyarakat,” kata Mariana dalam malam refleksi Hari Pekerja Sosial Sedunia 2018 di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta pada Selasa malam (20/3-2018).

Dalam malam refleksi itu, pihaknya memperingati Hari Pekerjaan Sosial Sedunia yang ke-35 tahun dengan tema “Mempromosikan Keberlanjutan Komunitas dan Lingkungan.” Peringatan ini merupakan kesepakatan bersama antara International Federation of Social Workers (IFSW), International Association School of Social Work (IASSW), dan United Nation (UN) yang dirayakan setiap minggu ketiga di bulan Maret.

Mariana juga mengatakan, ada beberapa hal penting yang menjadi agenda besar bersama bagi pekerja sosial. Agenda itu sebagai upaya membangun kesejahtera an di tengah-tengah masyarakat sekaligus eksistensi dan profesionalitas para pekerja sosial.

“Pertama, dukungan terhadap Rancangan Undang-undang Praktik Pekerjaan Sosial yang tidak boleh kendur dan harus kita dukung penuh, saat ini telah masuk Prolegnas 2018 Komisi VIII DPR RI, semoga tahun ini dapat diketuk dan memiliki legalitas yang berkekuatan hukum penuh,” ujar Mariana.

Sedangkan kedua, penguatan dan pengembangan kapasitas pekerja sosial yang harus meningkat setiap waktu. Hal ini menegaskan bahwa kesiapan dan kemampuan pekerja sosial untuk menjangkau persoalan sosial yang dinamis.

Lalu terakhir, tentang pengawasan dan perlindungan pekerja sosial dalam proses pekerjaan sosial yang terus dilaksanakan.

“Mari kita berjuang bersama-sama untuk berkarya agar meraih masa depan profesi pekerjaan sosial yang lebih maju dan profesional,” ungkap Mariana.

Selain itu pihaknya berterima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia (KPSI), Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS), Social Work Sketch, Forkomkasi Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, HMIKS UI STISIP Widuri dan Perguruan tinggi lainnya, serta pihak lainnya yang turut berpartisi pasi dalam mendukung upaya pekerja sosial membangun kesejahteraan masyarakat. (Sur)

884 Di Lihat 2 Dibaca
Bantu Share :
Share
Tags: Berperan Membangun Manusia Pekerja Sosial
Redaksi

Comments are closed.

Recent Posts

  • Nasional
  • News Tangsel

KETUA BHAYANGKARI DAERAH BANTEN GELAR TATAP MUKA DENGAN BHAYANGKARI CABANG BRIMOB

Serang, bidiktangsel.com - Dalam Rangka kunjungan kerja Bhayangkari, Ketua Bhayangkari Daerah Banten Ny. Niken Tomsi Tohir beserta pengurus bhayangkari daerah… Read More

1 hari ago
  • Kota Tangerang
  • News Tangsel

400 orang lebih Peserta Meriahkan Karnaval HUT RI ke-74 di Jalan Pahala

Kota Tangerang, bidiktangsel.com - Warga Kampung Merah Putih Rw 013 berkerumun di tepi Jalan Pahala Karang tengah Kota Tangerang, mereka… Read More

1 hari ago
  • Hukum
  • Nasional
  • News Tangsel

Dit Samapta Polda Banten, Cegah Aksi Premanisme dengan Patroli Dialogis

Banten, bidiktangsel.com - Meningkatkan rasa aman di dalam masyarakat dan wilayah Banten, Personel Quick Wins Program III oleh Dit Samapta… Read More

2 hari ago
  • Nasional
  • News Tangsel

HUT RI Ke-74, Irwasda Polda Banten : Jadikan Momen Pemersatu Bangsa

Serang - Sejumlah Pejabat Utama dan personel Jajaran Polda Banten tampak mengikuti rangkaian acara Peringatan HUT RI ke-74 yakni Upacara… Read More

3 hari ago
  • News Tangsel
  • Serba Serbi
  • Serpong
  • Tangerang Selatan

Seniman Lokal Tangsel Dapat Apresiasi Staf Ahli Presiden

Serpong - bidiktangsel.com - Tokoh muda Tangerang Selatan (Tangsel) yang juga merupakan Tenaga Ahli Madya termuda di Kantor Staf Presiden,… Read More

3 hari ago
  • Kota Tangerang
  • Nasional
  • News Tangsel

Kapolda Banten, Hadiri Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI – 74

SERANG, bidiktangsel.com - Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Banten Ny Niken Tomsi… Read More

4 hari ago