Pemerintah Berikan Bantuan Warga Yang Kurang Mampu Lewat Program Bedah Rumah Gratis

Program Bedah Rumah Gratis, yang dilakukan Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang

Kota Tangerang – Banyaknya warga yang kurang mampu yang ada di suatu wilayah membutuhkan uluran tangan para dermawan, tak hanya itu, Pemerintah juga turut andil untuk menyelaraskan masyarakat yang kurang mampu tersebut.

Salah satu hal yang dilakukan Pemerintah Tangerang Kota, guna menyelaraskan masyarakatnya yakni dengan memberikan bantuan melalui Program Bedah Rumah Gratis, yang dilakukan Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Pada pertengahan tahun 2018, Kelurahan Parung Serab memulai pelaksanaan Program Bedah Rumah gratis tersebut dan pihaknya menargetkan hingga akhir 2018 berhasil mengerjakan sebanyak 13 rumah warga.

Pada Minggu, 9 Desember 2018, Kelurahan Parung Serab bersama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Madani Parung Serab, melakukan seremonial serah terima kunci rumah warga yang rumahnya dilakukan pembedahan oleh tim dari Kelurahan Parung Serab.

Lurah Parung Serab, Hesto Suwaninda. Sp mengungkapkan, pihakya melibatkan BKM untuk memverifikasi layak atau tidaknya warga yang mendapatkan Program Bedah Rumah Gratis tersebut.

Sebelumnya, program tersebut sudah di mulai sejak dua sampai tiga tahun kebelakang, hanya saja program tersebut seperti jalan ditempat. Untuk itu, Lurah Parung Serab berkomitmen penuh, tetap melanjutnya program tersebut, sebab masih banyak masyarakat yang memerlukan bantuan pemerintah khususnya di Kelurahan Parung Serab.

“Di sini (Kelurahan Parung Serab) ada sekitar 13 rumah warga yang kita lakukan bedah rumah. Warga tersebut sudah di verifikasi dan telah kita survei dan layak menerimanya,” ujar Hesto saat berbincang dengan Warta Banten, Minggu, (09/12/2018).

“Kita sepakat, kerja kita ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan, melainkan kerja kita ini semata-semata ada unsur ibadahnya. Itulah salah satu yang membuat semangat tim untuk bekerja dengan ikhlas,” sambungnya.

Pihaknya tidak berharap dalam program ini mendapatkan bayaran lebih. Akan tetapi yang lebih penting menurut Hesto adalah agar warga Kelurahan Parung Serab mendapat tempat tinggal yang layak untuk di tinggali.

“Kalau sebelumnya rumah warga yang menerima program ini pada bocor dan katakanlah reot, dengan kita bedah ini. Alhamdulilah, rumah warga tidak bocor lagi, dan atap rumahnya kita ganti dengan baja ringan semua, agar lebih tahan lama,” ungkap Hesto kembali.

Lebih jauh ia mengatakan, dirinya berencana tahun depan untuk menjalankan program ini kembali, dan pihaknya sudah memiliki data-datanya. “Bersama BKM Kelurahan Parung Serab, kami telah mempunyai data rumah warga yang akan di bedah. Tahun depan target kita yakni sebanyak 48 rumah yang akan dapat program bedah rumah gratis,” imbuhnya.

Jumlah tersebut meningkat lebih dari 100%, yang sebelumnya hanya 13 rumah di tahun 2018, untuk tahun 2019 menjadi 48 rumah.

Program ini dimaksudnya agar lebih tepat sasaran yaitu menyasar masyarakat atau warga yang kurang mampu .

“Selain mendapatkan bantuan bedah rumah, warga tersebut juga mendapatkan bantuan lainnya dari Pemerintah yakni bahan sembako dan lain-lain,” jelasnya.

Hesto berharap Program Bedah Rumah Gratis ini tepat sasaran. Jadi, benar-benar warga yang membutuhkan bantuan pemerintah bukan yang ngaku-ngaku.

“Kita tidak lihat itu, dia saudara (petugas atau kerabat kelurahan) atau bukan, yang pokok jika warga tersebut membutuhkan bantuan itu kita berikan program ini. Yang lebih penting lagi syaratnya adalah pertama itu rumah sendiri dan mempunyai surat-surat tanahnya,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, rumah warga yang mendapat Program Bedah Rumah Gratis tidak boleh menjual rumahnya selama lima (5) tahun dan hal itu sudah tertulis dalam surat perjanjian.

Sekadar informasi, Kelurahan Parung Serab sendiri membawahi sepuluh (10) Rukun Warga (RW) dan 53 Rukun Tangga (RT).

Sementara, Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat Kelurahan Parung Serab, Jojo Susanto mengatakan, Program Bedah Rumah Gratis ini di prakarsai oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, sangat bagus, sebab masih banyak masyarakat atau warga yang ada di Tangerang khususnya Kelurahan Parung Serab yang kurang mampu.

“Dengan adanya program bedah gratis ini, mereka sangat behagia menyambut itu semua. Dan mereka layak mendapat tempat tinggal yang bagus,” ungkap Jojo.

Dalinah (63), salah satu warga RW 009, Kelurahan Parung Serab mengaku senang rumahnya di renovasi oleh Pemerintah.

“Alhamdulllah, Rejeki dari Allah SWT melalui Pak Lurah (Hesto Suwaninda), saya kayak mimpi rumah saya jadi bagus lagi. Alhamdulillah, sekarang udah nggak bocor lagi, saya bersyukur banget sama Pak lurah dan bapak-bapak (RT-RW) tim BKM Madani kelurahan Parung Serab,” ujar nenek Dalinah.

“Sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terima kasih udah memperbaiki rumah saya,” sambungnya.

Sementara warga lainnya yakni Yahya (55) juga mengungkapkan rasa senangnya, sebab rumahnya mendapat Program Bedah Rumah dari Kelurahan Parung Serab.

“Sebelumnya rumah saya temboknya masih terbuat dari bilik bambu, dan Alhamdulillah, sekarang sudah kokoh berdiri. Atapnya juga sekarang sudah baja ringan. Sekali saya bersyukur sama Pemerintah melalui Pak Lurah dan gim BKM kelurahan Parung Serab yang sudah membenarkan rumah saya,” paparnya.

Lebih jauh Yahya mengatakan, dalam Program Bedah Rumah Gratis ini warga tidak di pungut biaya sepeserpun. Ia berharap kedepan semoga masyarakat yang kurang mampu lainnya bisa menikmati bantuan seperti ini.

(*GaL)

696 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 10 Desember 2018 9:59 am

Update Berita BidikTangsel