Pencetakan KIA Dilakukan Secara Kolektif Melalui Sekolah

Pencetakan KIA Dilakukan Secara Kolektif Melalui Sekolah

Serpong – Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan merupakan gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan penting nya administrasi kependudukan.

Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, serta pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

Untuk itu, dalam rangka mensukseskan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan sekaligus mendukung terlaksananya Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai Kota Layak Anak.

Dalam surat edarannya, Kadisdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan menyampaikan hal sebagai berikut :

1. Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk sementara dilakukan secara Kolektif melalui Sekolah-Sekolah;

2. Adapun persyaratan pembuatan KIA sebagai berikut :
a. Fotocopy KK dan kTP el orang tua domisi Kota Tangerang Selatan
b. Fotocopy Akta kelahiran Anak;
c. Untuk Anak Usia 5-17 tahun kurang 1 hari foto dilakukan oleh pihak sekolah dengan latar foto merah untuk tahun kelahiran ganjil dan biru untuk tahun kelahiran genap;
d. Foto anak disampaikan kepada Dinas dalam bentuk Softcopy dengan format Jpeg dengan memberi nama anak pada masing-masing foto.

3.Mekanisme pengajuan pencetakan KIA dilakukan dengan mengajukan permohonan dengan menunjuk koordinator sekolah.

4. Pihak koordinator sekolah melakukan verifikasi berkas untuk selanjutnya diteruskan ke Dinas kependudukan Pencatatan Sipil Kota Tangsel.

Untuk memudahkan koordinasi dapat menghubungi, Heru Sudarmanto (Kabid pelayanan pendaftaran Penduduk) : WA.82111153422 dan Mira Anggraini (Kasi Identitas Penduduk) : WA 081315355950.

Diketahui, Program tersebut merupakan satu diantara program unggulan dari Kementrian Kependudukan yang wajib diaplikasikan oleh seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) baik di kota maupun di Kabupaten.

“Jadi ini adalah program skala nasional, yang tujuannya menyadarkan masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” tutur Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan. (***)

1025 Di Lihat 3 Dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.