Rangkaian Harkopda Ke 71, Final Malam Pemilihan Duta Koperasi

Ciputat – Rangkaian Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Ke 71 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dilaksanakan Final Malam pemilihan Duta Koperasi yang digelar Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kota Tangsel dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangsel di Ruang Blandongan, Balaikota, Ciputat, Selasa malam (25/9).

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel. H. Benyamin Davnie, Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, drg. Dahlia Nadaek, Kabid. Koperasi Kota Tangsel, Hj. Nurhayati, Ketua Panitia, Hendro Wibowo, para undangan dan anggota Koperasi se-Tangsel.

Dalam sambutan pembukaannya Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa Duta Koperasi merupakan motor pengerak dalam mengajak masyarakat bergabung dalam koperasi.

“Kami mengharapkan pada Duta Koperasi untuk bisa memperkenalkan tentang koperasi kepada masyarakat, menjelaskan tentang koperasi, dan kelebihan-kelebihannya. Intinya bagaimana masyarakat lebih dekat dan sama-sama membangun koperasi sebagai basis kekuatan ekonomi kerakyatan,” kata Hj. Airin.

Dari hasil seleksi panitia pemilihan menjadi 42 peserta, dan seleksi terakhir menjadi 16 peserta. Dari 16 peserta, terseleksi enam peserta untuk merebutkan juara satu, dua dan tiga. Tahap selanjutnya Duta Koperasi Kota Tangsel bakal mengikuti kejuaraan tingkat Provinsi Banten pada 6 Oktober mendatang.

Kota Tangerang Selatan selalu memperoleh juara di peringkat pertama duta koperasi tingkat Provinsi Banten dan di tahun ini targetnya untuk memperoleh juara utama. Dengan mendapatkan juara pertama bisa membuktikan bahwa Pemerintah Kota Tangsel cukup mampu mencari, menyeleksi dan membina Duta Koperasi yang dimiliki dengan persaingan ketat.

Menurut Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, drg. Dahlia Nadeak menjelaskan, persyaratan untuk mengikuti Duta Koperasi, bahwa peserta harus berasal dari anggota koperasi yang rata-rata mahasiswa. Saat ini cukup banyak koperasi mahasiswa (Kopma) tumbuh kembang dengan pesat. Tentu sangat mendukung pertumbungan ekonomi di lingkungan kampus serta mengajarkan cara mengelola uang sejak dari mahasiswa.

“Duta Koperasi selalu akan diselenggara-kan setiap tahun untuk memperebutkan piala bergilir Walikota Tangsel. Dari setiap tahun pesertanya meningkat dan pesertanya juga cukup bagus, yang memiliki gagasan, wawasan tentang koperasi sehingga layak dinobatkan sebagai Duta Koperasi,” jelas Dahlia.

Sebagai hal utama yang perlu dimiliki oleh para Duta Koperasi adalah memahami betul sejarah koperasi, penerapan koperasi, jenis koperasi yang sehat seperti apa, perbedaannya dengan bank-bank pada umumnya dan lain sebagainya berkaitan dengan perkoperasian.

“Diharapkan dapat menjadi pendorong motivator kepada sesama dan bisa membantu kami menyampaikan apa yang kita inginkan di masyarakat dalam pengembangan dan sosialsiasi koperasi dan juga mengharapkan mereka menjadi promotor wirausaha pemuda,” tambah Dahlia.

Kota Tangsel layak menjadi kota koperasi. Indikator menjadi kota koperasi itu salah satunya adalah koperasi yang berkualitas dan sehat. Koperasi yang sehat itu bisa salah satu indikatornya adalah jumlah koperasi semakin banyak. (***)

752 Di Lihat 5 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 30 September 2018 12:42 pm

Update Berita BidikTangsel