Rombongan Dindikbud Kota Tangsel, Pelatihan Penanganan Sampah Di Jepang

Serpong – Dalam agenda hari ke dua, rombongan delegasi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tangsel, Selasa (13/2-2018) menghadiri Pelatihan di Toyama Clean Center Insinerator sampah dan pembangkit listrik untuk beberapa daerah di SD dan SMP Kamidaki, Kota Toyama Jepang.

“Hari ini kami mengikuti pelatihan di Toyama Clean Centre tentang penanganan sampah sampai dari 5 kota dengan dihasilkannya energi. Juga pelatihan implementasi pendidikan lingkungan di SD dan SMP Kamidaki di Kota Toyama,” ujar Kadis. Dikbud Kota Tangsel, Drs. Taryono, M.Si., melalui pesan WA ke media ini, Selasa (13/2-2018).

Toyoma Clean Centre merupakan pusat engolahan sampah yang bisa dibakar, yang telah melalui proses pemilahan dari 5 kota, kemudian dengan inseminator raksasa dibakar dihasilkan energi dan bahan jadi yang masih bisa dimanfaatkan seperti bahan bangunan.

Masyarakat memiliki kebiasaan memilah jenis sampah dan mengurangi produksi sampah setiap hari.

Sementara itu dari kunjungan di SD dan SMA Kamidaki Kota Toyama Jepang, bahwa sekolah tidak memiliki petugas kebersihan, untuk menjaga kebersihan sekolah dilaksanakan oleh guru dan peserta didik.
“Semua ruang dan kelas bersih,” ujar Taryono.

Dalam pesannya, Taryono juga menceritakan para peserta didik juga makan secara bersama-sama. Anak-anak dibagi dalam kelompok dan secara bergantian ada kelompok yang menyajikan makanan.

“Jatah makanan gak boleh lebih atau kurang. Jika berlebih, maka makanan akan ditambahkan yang masih kurang, begitupun sebaliknya,” ungkapnya.

Makan bersama membangun kerja sama, nenghargai sesama teman, mengorganisasi, serta membiasakan makan makanan yang sehat sejak kecil, seperti sayuran dan buah.

“Yang menarik, pada saat makan, dari pengeras suara atau speaker terdengar seorang anak menjelaskan kandungan gizi dari menu yang di sajikan,” tuturnya.

Dari kesimpulan pelatihan itu, Taryono mengatakan bahwa “pendidikan adalah persoalan membangun karakter, membangun kebiasaan, dan membangun budaya”.

Untuk Agenda hari ke 3, rombongan juga akan mengikuti pelatihan di SD dan SMP Fuzoku serta Rapat laporan proyek lingkungan (Toyama International Conference Center) oleh Prof. Dr. Hideyuki Negishi. (*/IsOne)

261 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 13 Februari 2018 9:29 pm

Update Berita BidikTangsel