Satreskrim Polres Jakbar Ungkap Pencurian Rumah Anggota Polri

Jakarta – Satuan Reserse Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat melalui Subnit Jatanras dibawah pimpinan Kanit Reskrimum AKP Rulian Syauri, SH. SIK dan Ipda Reza Arif Hadafi, STK, M.Si, berhasil mengungkap dalam melakukan pengembangan dan penangkapan terhadap satu orang pelaku lain yang diduga melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan terhadap rumah anggota Polri beberapa waktu lalu dengan modus operandi membongkar gembok rumah yang dalam keadaan kosong beberapa waktu lalu.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH mengungkapkan kronologis penangkapan tersebut.

Menurutnya, penangkapan bermula pada senin (26/02) petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku (HO alias AI alias BG) berada di sekitar jalan Pintu Seng, Pedongkelan Cengkareng. Mendapat informasi tersebut petugas segera mendatangi dan melakukan penangkapan terhadap pelaku (HO als AI als BG) bersama barang bukti hasil penggeledahan berupa HP milik korban

“Sewaktu dilakukan penangkapan pelaku berupaya melakukan perlawanan maka dilakukan tindakan tegas terukur berupa tembakan di bagian kaki dan pelaku langsung dievakuasi ke rumah sakit.” ungkap Kombes Hengki, Selasa (27/02/18)

Ia melanjutkan, dari penangkapan pelaku (HO), petugas melakukan pengembangan. Berdasarkan keterangannya, petugas mengidentifikasi kontrakan pelaku lain ( Ikhsan alias Kacang alias Saputra).

Kemudian sekira pukul 03:00 WIB petugas melakukan penggerebekan di kontrakannya, namun pada saat penggerebekan pelaku melarikan diri dan menghilang.

“Saat dilakukan penggerebekan, pelaku (Ikhsan) melarikan diri. Petugas kemudian mengamankan beberapa barang bukti berupa motor, obeng, beberapa gembok yang telah dirusak, beberapa HP, dan Helm GOJEK yang diduga digunakan saat melakukan aksinya.” Lanjut Hengki

Tak sampai di situ, sambungnya, petugas terus mencari keberadaan pelaku yang melarikan diri. Alhasil, pada hari Selasa (27/02) sekira pukul 03.00 WIB dini hari petugas menemukan titik terang dan kembali melakukan pengembangan.

Berdasarkan hasil introgasi dan lidik oleh petugas didapatkan informasi bahwa pelaku (Ikhsan alias Kacang alias Saputra) bersembunyi di daerah Kapuk, cengkareng. Kemudian petugas melakukan undercover di daerah tersebut dan berhasil menemukan pelaku.

Namun, ketika akan dilakukan penangkapan, pelaku mencoba melawan petugas melakukan tembakan kearah petugas dengan menggunakan senjata api rakitan. Mengetahui nyawanya terancam, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas terukur kemudian melepaskan tembakan ke arah pelaku. Nyawanya pun tak tertolong saat didalam perjalanan menuju RS Polri Keramat Jati.

“Untuk pelaku (Ikhsan) terpaksa kita ambil tindakan tegas terukur karena berusaha melawan dan mengancam keselamatan petugas.” sambung Kombes Hengki

Dari hasil pengungkapan pengembangan tersebut, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit sepeda motor, satu buah senpi pindad yg dicuri pelaku, 1 buah senpi rakitan model pistol 6 buah peluru kaliber 38 spc, 1 buah helm gojek yg digunakan pelaku, 1 buah HP milik korban, beberapa HP milik tersangka, beberapa perhiasan imitasi, beberapa obeng, beberapa gembok rusak

Kombes Hengki kembali menegaskan kepada pelaku lain yang masih dalam buruan petugas atau DPO (DS alias DG dan AF) agar segera menyerahkan diri, jika tidak diindahkan maka petugas tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas terukur.(Sur)

760 Di Lihat 6 Dibaca
Bantu Share :