Walikota: Pemerintah Kota Tangsel Akan Berusaha Menjaga Kebersihan Situ

Serpong Utara – Memperingati Hari Air Sedunia 2018 World Water Day 2018 Ke- 26 yang bertema ”Melestarikan Alam Untuk Air ” yang dilaksanakan di Situ Pondok Jagung Timur, Rawa Kutuk Kel. Pondok Jagung Timur Kec. Serpong Utara Kota Tangerang Selatan, Kamis (22/3-2018).

Dalam sambutannya, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hj. Airin Rachmi Diany SH.MH mengatakan Air adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dalam segala bidang.

Lanjutnya, Dalam menghadapi ketidak seimbangan antara ketersedian air dan kebutuhan air, maka sumber daya air yang ada harus dikelola dengan sebaik-baiknya dengan tetap mengedepankan fungsi social, ekonomi dan lingkungan hidup secara selaras, dengan adanya siti di Kota Tangsel dapat bermanfaat dalam penampungam air hujan dan dapat penyerapan air tanah.

Hj. Airin menjelaskan, Situ memiliki berbagai fungsi penting, antara lain sebagai tempat parkir air dan kawasan resapan air, sehingga dapat mengurangi volume air permukaan (Run Off) yang tidak tertampung (penyebab banjir).

Disamping  itu, situ dapat dimanfaatkan sebagai irigasi, pengimbuh (recharge) air pada cekungan airtanah, cadangan air bersih, perikanan darat, sarana rekreasi maupun wisata alam.

“Penetapan sistem zonasi situ pada dasarnya bertujuan untuk membatasi kegiatan pada zona-zona tertentu di sekeliling situ, agar kualitas fisik maupun kualitas air situ dapat dipertahan kan dan ditingkatkan,” ujarnya saat pembukaan acara tersebut, Kamis pagi (22/3-2018)

Menurutnya, mengacu pada ketentuan perundang undangan yang menetapkan situ sebagai kawasan lindung (Keputusan Presiden Nomor 2 tahun 1990 tentang pengelolaan kawasan lindung).

“Maka jarak sempadan ekosistem situ adalah 50-100 m, sedangkan untuk kawasan mata air mempunyai sempadan hingga radius 200 m,” ujar Hj. Airin.

Kebijakan pengelolaan situ ditetapkan dengan tujuan untuk perlindungan dan peningkatan fungsi situ,Penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan dan Pemulihan pencemaran dan kerusakan Situ.

Pemerintah Kota Tangsel akan berusaha untuk menjaga kebersihan situ yang ada di Kota Tangsel semaksimal mungkin. (IsOne).

1488 Di Lihat 3 Dibaca
Bantu Share :