Pokdakan 03 Pakujaya dan Camat Serpong Utara Panen Lele

Pokdakan 03 Pakujaya dan Camat Serpong Utara Panen Lele

Serpong Utara, bidiktangsel.com – Warga Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel yang tergabung di Pokdakan 03 sukses memanen lele.

Hasil panen hasil budidaya ikan lele tersebut disaksikan Camat Serpong Utara Bani Khosiyatullah di Kampung Pondok Serut Rt 03/03 Kelurahan Pakujaya pada Senin, 18 Maret 2019.

Budidaya ikan lele sangkuriang yang dikembangkan warga ini merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tbk Tangerang. Program pembesaran lele Pokdakan 03 ini sudah berjalan sejak 2018. Dalam sekali panen bisa menghasilkan 1000 kilogram.

Selain itu, CSR pengembangan budidaya lele juga dilakukan di kelurahan Pakulonan (kampung Marga Jaya) sejak Mei 2016 yang telah membina 5 kelompok, 4 kelompok pembesaran 1 kelompok pembibitan. Panen 3 bulan menghasilkan lele 1 ton.

Serta di kelurahan Pakualam sejak April 2015 membina 1 kelompok dengan panen 500 kilogram setiap tiga bulan.

Camat Serpong Utara Bani Khosiyatullah mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan CSR pemberdayaan masyarakat dari PT IKPP Tangerang. Selama ini perusahaan yang memproduksi kertas ini telah banyak membantu masyarakat Serpong Utara.

“Tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Camat Bani juga berpesan untuk pengurus Pokdakan untuk membenahi manajemen agar usaha lele ini bisa berjalan dengan baik ke depannya.

“Saya ingatkan ke pengurus Pokdakan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan dengan baik. Agar pengelolaan usaha lele ini ke depan lebih lagi,” terangnya.

Salah seorang pengurus Pokdakan 03 Pakujaya Musa mengatakan, dari bibit hingga panen selama tiga bulan. PT IKPP Tangerang memberikan bantuan sebanyak 24 ribu ekor lele.

“Yang sudah bisa dipanen sekarang sebanyak seberat satu ton,” ucapnya.

Untuk saat ini, kata Musa, ada 12 keramba untuk pembesaran lele. Ke depan, Pokdakan berencana akan membuat keramba pembibitan.

“Alhamdulillah adanya bantuan dari PT IKPP Tangerang hasil panen lebih maksimal. Selain bantuan bibit lele, PT IKPP Tangerang juga memberi bantuan pangan dan jaring,” tandasnya.

Sementara Head of Sustainabilty PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin mengatakan, budidaya ikan lele tidak hanya di Kelurahan Pakujaya saja. Ada dua kelurahan lain yang sudah berjalan di program yang sama. Yaitu, Kelurahan Pakualam dan Pakulonan.

“Kegiatan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bekerjasama dengan Pokdakan 03,” ujarnya.

Menurutnya, di pokdakan ini IKPP Tangerang memberikan bantuan bibit lele sangkuriang, waring serta bambu.

“Alhamdulillah sekarang sudah panen. Saya berharap panen ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandasnya. (Humas-Kominfo)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *