Bupati Pesawaran Resmikan Sanggar dan Tugu Pramuka Saka Bahari

Bupati Pesawaran Resmikan Sanggar dan Tugu Pramuka Saka Bahari

Pesawaran,- Bupati Pesawaran, selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Pesawaran meresmikan sanggar dan Tugu Pramuka Saka Bahari Kabupaten Pesawaran, di kompleks Batalyon 9 Marinir Kecamatan Teluk Pandan, Minggu (15/9/2019).

“ Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Pesawaran Dendi mengucapkan selamat atas diresmikannya Sanggar dan Tugu Pramuka Saka Bahari ini. dengan diresmikannya Sanggar dan tugu Pramuka ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai pusat kegiatan Kepramukaan, sehingga kedepan kegiatan Pramuka akan lebih baik dan meningkat,” ujar Dendi dalam sambutannya.

Lanjut Dendi, pendidikan karakter dan moral sangat penting, akan moral dan akhlak karimah dalam segala sektor kehidupan. Gerakan Pramuka merupakan ujung tombak pendidikan karakter bangsa yang dapat diandalkan karena konsistensinya.

Gerakan Pramuka harus menjadi yang terdepan melaksanakan revolusi mental, revolusi menjadi bangsa memiliki karakter yang baik, jujur, disiplin, beretos kerja, tangguh, dan bertanggung jawab dengan bersandar pada nilai-nilai budayanya yang baik. Revolusi Mental yang dimaksud adalah perubahan cara berpikir dan bertindak untuk ikut memiliki tanggungjawab dalam melakukan pembangunan bangsa dan Negara.

“Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengajak kepada para anggota pramuka, untuk meningkatkan semangat Bela Negara, meningkatkan semangat Patriotisme dalam membela kepentingan Bangsanya,” jelasnya.

Ditambahkannya, gerakan Pramuka berperan membangun karakter bangsa Indonesia. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik. Berbagai kegiatan yang akan dijalankan pada organisasi kepramukaan, dapat menjadi Pelopor membudayakan diri para generasi bangsa, untuk senang bekerja keras secara cerdas dan Ikhlas, dan membangun nilai sikap dan perilaku sejak dini.

“Hal ini dikarenakan tantangan bagi kita saat ini yakni bahwa banyak kaum muda terjerumus ke dalam hal-hal negatif seperti miras, narkoba, konsumsi lem Aibon, tindakan kejahatan (begal dan pencurian), agar badan pengurus yang dilantik pada hari ini, kerjasama dan sinergitas membangun dan memberdayakan kaum muda atau generasi muda,” imbuhnya.

Pembinaan kaum muda melalui Gerakan Pramuka harus relevan dengan perkembangan jaman. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan menjadikan manusia yang hanya menguasai IPTEK namun menjadikan kaum muda yang tangguh, berkepribadian, luhur budi pekertinya dan berhati mulia.

Disamping itu, gerakan Pramuka sebagai organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan perlu mendidik dan melatih anggotanya agar tumbuh kecintaan terhadap kebaharian.

“Untuk itu, setelah diresmikannya Sanggar dan Tugu Pramuka Saka bahari ini, diharapkan dapat lebih menumbuhkan semangat dalam mengembangkan bakat dan minat para anggota di bidang kebaharian. Salah satunya yaitu menumbuhkan minat dan motivasi untuk menjadi manusia yang produktif, berjiwa mandiri dalam kegiatan yang berorientasi kebaharian serta mempersiapkan untuk ikut serta dalam bela negara matra laut,” tutupnya. (azs)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *