Rakor Kewaspadaan Dini Wilayah Zona Wilayah 4 CIKAL

Rakor Kewaspadaan Dini Wilayah   Zona Wilayah 4 CIKAL

Kota Tangerang – Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Tangerang. Menyelenggarakan Rakor Kewaspadaan Dini Wilayah Zona Wilayah 4. – 2019. CIKAL (Kec. Ciledug, Karang tengah, Larangan) bertempat di Ruang Aula Kec Ciledug, pukul 20.15 WIB. Kamis, 19/9/2019.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Larangan Dimiati dan dihadiri oleh Ketua FKDM Kota Tangerang Sutikno, Camat Karang tengah Matrobin, Camat Ciledug Syarifudin, SE, Camat Larangan Dimiati, Wakapolsekta Ciledug Bambang, Dan Ramil Ciledug Kapten Inf. Tarsan, Ketua FKDM dan anggota 3 Kecamatan selaku peserta kegiatan Rakor, semua lurah, para Kasi dan Narasumber.

Tema kegiatan Rakor kali ini berlandaskan pada Implementasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah maka Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional, menjaga keutuhan NKRI serta Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan yakni memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Tujuan Kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah serta membuat kesepakatan bersama.

Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini Mayarakat (FKDM) pola baru yang dibentuk sampai ke tingkat Kecamatan serta Pusat Komunikasi Informasi Kota Tangerang. Yang bertemakan, Potensi : Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan.

Ketua FKDM Kota Tangerang Sutikno, S.Sos dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut guna menambah kewaspadaan masyararakat terhadap isu nasional berupa ancaman-ancaman yang berbahaya dan meresahkan. Khususnya bagi wilayah zona 4 yaitu Kec. Ciledug, Kec. Karang tengah dan Kec. Larangan.

Diharapkannya para Pimpinan Perangkat Daerah beserta Camat dan Lurah agar lebih tahu tentang Forum Kewaspadaan ini untuk bisa lebih memberi sosialisasi kepada masyarakat mengenai bagaimana menanggapi isu-isu yang sedang berkembang.

Sementara Ketua FKDM Kec. Karang tengah H. Guritno menambahkan bahwa Aparatur Sipil Negara harus menjaga ujaran-ujaran baik di dalam hidup bermasyarakat maupun media sosial agar ujaran kebencian tidak menjadi pemicu bentrok di dalam masyarakat.

“Para peserta Rakor dapat mengikuti kegiatan dengan baik serta mampu mencegah hal-hal yang dapat menganggu keamanan dalam bermasyarakat,” tambah H. Guritno yang didampingi anggotanya A. Fachrudin.

Lurah Larangan Utara Iwan Subekti … yang hadir mengikuti kegiatan Rakor menyampaikan, untuk mewujudkan salah satu tugas dan tanggung jawab FKDM tentu pembinaan dan pemeliharaan ketenteraman serta ketertiban masyarakat.

“Pemerintahan milik semua, tugasnya mengayomi semua warga. Menjaga kondusifitas wilayah dari hal-hal yang dapat merugikan jalannya pemerintahan,” ujar Lurah Larangan Utara Iwan Subekti… penuh semangat.

“Kita ini sudah seharusnya menjaga stabilitas, keamanan, ketertiban dan kenyamanan di wilayah masing-masing, karena marwah pemerintahan harus terjaga,” ujar Lurah Iwan dengan senyum penuh harap.

Hal lain yang berkembang pada Rakor terkait alat komunikasi.

Dalam pada itu, Wakapolsek Ciledug AKP Bambang memaparkan, rakor kewaspadaan dini di 3 kecamatan tahun 2019 ini diharapkan bisa memberikan corong informasi dari tingkat bawah tentang hal yang digandrungi melalui HP oleh para pelajar dengan kumpul-kumpul saat pulang sekolah.

“Kumpulnya para remaja dan pemuda menggunakan alat komunikasi HP akan dapat menimbulkan keributan, tentunya semua itu perlu pencegahan, untuk kelancaran program pembangunan dan kondusifnya wilayah pada 3 Kecamatan.” ujar Wakapolsek Ciledug Bambang.

PENULIS : EDWAR. AN.

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *