Menuju Kebumen 2020: Lebih Dekat Dengan R Wiyoso Pinilih

Menuju Kebumen 2020: Lebih Dekat Dengan R Wiyoso Pinilih

Kebumen – Pilkada Kabupaten Kebumen untuk memilih Bupati, baru akan diselenggarakan tahun depan. Tepatnya tanggal, 23 September 2020, berbarengan dengan pemilihan gubernur di 9 Propinsi (Propinsi Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tenggara), pemilihan bupati di 223 Kabupaten, dan pemilihan walikota di 37 kota, di 32 propinsi di Indonesia.

Meski masih cukup lama, tapi beberapa nama populer sudah mengemuka. Sebut saja KH Yazid Mahfudz (Bupati/incumben), Arif Sugiyanto, SH., (Wakil Bupati/incumben) Rahmat Said, Zaeni Miftah (Ketua DPC PKB Kebumen), Herwin Kunadi, Arif Widodo, Agus Septadi, Lilis Nuryani, Halimah Nurhayati (Ketua DPC Golkar), Teguh Purnomo (praktisi hukum), Dalyono, dan R Wiyoso Pinilih.

Adalah DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kebumen yang telah memulai penjaringan Bakal Calon Bupati Kebumen Periode 2020 – 2024, sejak September 2019 lalu. Tidak kurang dari 14 nama yang terdaftar dalam penjaringan tersebut, meski yang mengembalikan berkas hanya sembilan orang. Nama-nama di atas bukan tidak mungkin akan terus bertambah mengingat, partai-partai lain seperti Partai Golkar dan PKB baru akan membuka penjaringan pada awal Oktober 2019.

Nama-nama tersebut di atas, umumnya adalah nama-nama yang sudah malang melintang di jagat politik Kabupaten Kebumen. Baik nama maupun kiprahnya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Kebumen. Selain karena putra daerah, mereka adalah aktifis di berbagai organisasi. Bahkan KH Yazid Mahfudz dan Arif Sugiyanto, SH., adalah Bupati dan Wakil Bupati/incumben.

Namun dari sekian nama yang mencuat ke permukaan, ada satu nama yang sedikit asing tapi cukup menyita perhatian. Dia adalah R Wiyoso Pinilih Arungbinang, biasa disapa (Mas Yosie). Bahkan kehadirannya di DPC PDI Perjuangan Kebumen, saat mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Kebumen, meski hanya didampingi 1 asistennya, R Wiyoso Pinilih Arungbinang disambut antusias oleh segenap yang hadir.

Jika dilihat sekilas, namanya terdengar sedikit asing. Namun jika diperhatikan baik-baik nama belakangnya, maka masyarakat Kebumen akan dengan mudah mengingatnya. Lalu siapa R Wiyoso Pinilih Arungbinang? Dia adalah salah satu anak turun Arungbinang, Tokoh Legenda dalam Babad Kebumen.

Dari garis Ibu, R Wiyoso Pinilih adalah putra dari RR Siti Sulaksmi Sri Wardhani, Putri dari Nyi RR Satirah Aboe Ngoesman, Putri dari Ki Wongsowidjojo II, Putra dari Ki Wongsowidjojo I, Putra dari Raden Tumenggung Arungbinang II, Putra dari Arungbinang I, atau yang lebih dikenal dengan Joko Sangrib.

Joko Sangrib adalah Tokoh Legenda Dalam Babad Kebumen. Jasanya bagi masyarakat Kebumen dan Banyumas yang merupakan wilayah Kerajaan Mataram, sangat besar. Karena jasanya yang sangat besar Joko Sangrib dianugerahi Bupati Surakarta, bergelar Arungbinang I.

Pada masa tuanya, Arungbinang I tidak tinggal di Surakarta, tapi lebih memilih tinggal di Kutowinangun, Kebumen, hingga akhir hayatnya dan dimakamkan di Kampung Gebejen, Kuwarisan, Kutowinangun, Kebumen. Makamnya kemudian dikenal dengan nama Makam Arungbinang.

Sementara jika diurut dari garis Ayah, R Wiyoso Pinilih adalah Putra dari R Ismoe Soewarto Poerwoeaminoto, Putra dari Soewarno Poerwoeaminoto, Putra dari Poerwoeaminoto, Putra dari RM Tumenggung Cokronegoro I, Putra dari Kanjeng Kyai Bagus Kasan Besari (Menantu Pakubuwono III, Kraton Surakarta), Putra dari Kyai Muhamad Ilyas, Putra dari Kyai Ageng Muhamad Besari, Putra dari Kyai Ageng Anom Besari. (*)

Penulis: Iskandar P Hadi

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *