Apa Bedanya Laptop dengan Notebook? Berikut Penjelasannya

#Iklan – Jaman dahulu, mungkin orang tua atau saudara Anda sering bercerita tentang bagaimana masa-masa perjuangan mereka ketika kuliah. Tentu tantangan terberatnya yaitu ketika menyusun skripsi mengguna-kan mesin tik atau komputer jadul.

Jaman sekarang Anda cukup menggunakan laptop, karena selain mudah untuk dibawa kemana-mana, juga tidak sulit untuk didapatkan karena laptop murah pun kini sudah diproduksi dengan kualitas terbaik.

Saat membeli laptop mungkin Anda akan bingung dengan laptop jenis apa yang akan dipilih. Selain mengincar harga laptop murah, tentu spesifikasi dan bentuk pun harus dipertimbangkan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika dilihat dari besaran layarnya, laptop ini ada yang memiliki layar yang lebar, ada pula yang memiliki layar sedang/kecil yang seringkali disebut notebook.

Baca Juga : Harga Laptop HP Probook Terbaru 430 G4 Dan Spesifikasinya

Notebook merupakan komputer portable yang memiliki fungsi hampir sama dengan laptop. Notebook biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil dari laptop, juga fitur dan spesifikasi yang ditawarkan nya pun sedikit berbeda. Meskipun sama-sama berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, Namun tak sedikit yang mengetahui perbedaan dari kedua perangkat ini.

Agar tidak bingung memilih perangkat yang cocok untuk Anda, berikut adalah beberapa ulasan mengenai perbedaan laptop dan notebook.

  1. Perbedaan ukuran layar
    Dari segi ukuran layar, Anda dapat dengan mudah membedakan laptop dengan notebook. Ukuran layar pada laptop ini setidaknya lebih dari 18 inci. Sedangkan layar notebook lebih kecil dimensinya, yakni sekitar 13 hingga 18 inci.
  2. Bobot
    Tidak hanya terletak pada ukuran layar, perbedaan dari kedua jenis perangkat ini juga terdapat pada bobot atau berat laptop dan notebook tersebut. Umumnya laptop mempunyai bobot 3 hingga 5 kg, sementara untuk notebook jauh lebih ringan, yakni sekitar 1 hingga 2 kg saja.
  3. Spesifikasi grafis
    Bicara perihal VGA, maka laptop mempunyai kapasitas yang lebih dibandingkan notebook. Namun notebook untuk keluaran saat ini juga banyak yang mengusung VGA dengan kapasitas yang tak kalah dengan VGA pada laptop.
  4. Perbedaan ukuran RAM
    Kapasitas RAM juga menjadi pembeda dari kedua perangkat ini. RAM yang terdapat pada laptop mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan RAM pada notebook. Kendati demikian, kini juga sudah mulai bermunculan notebook yang memiliki RAM mumpuni.
  5. Letak DVD ROM
    Letak DVD ROM ini bisa menjadi pembeda yang cukup jelas bagi kedua perangkat ini. Umumnya, laptop memiliki perangkat DVD ROM yang menyatu dengan badan laptop untuk aktivitas membaca kepingan kaset. Berbeda dengan notebook, perangkat satu ini tidak memiliki fitur DVD ROM. Untuk mengatasi kendala ini, maka Anda bisa membeli DVD ROM eksternal di beberapa toko elektronik dengan brand yang sama dengan notebook Anda.
  6. Daya Tahan Baterai
    Laptop pada umumnya memiliki daya tahan baterai yang tidak tahan lama. Berbeda dengan notebook yang bisa dibilang memiliki daya baterai yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun sekarang ini, laptop mahal maupun laptop murah tak sedikit yang memiliki daya tahan baterai yang mumpuni.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa perbedaan antara laptop dan notebook. Laptop Dell tergolong laptop murah yang memiliki spesifikasi dan fitur yang canggih dan bisa Anda dapatkan di marketplace terbaik Bukalapak.com.

Bukalapak menjadi toko online yang paling direkomendasikan karena semua produk yang ditawarkannya berkualitas oke. Jadi, jika Anda berencana membeli laptop baru, maka Bukalapak bisa menjadi pilihannya.

1853 Di Lihat 13 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 16 April 2019 11:23 am

Update Berita BidikTangsel