ASN Kota Tangsel Deklarasi Bersama Pengurangan Sampah Plastik

SERPONG, bidiktangsel.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) secara serentak melakukan deklarasi bersama pengurangan sampah plastik bertempat di Lapangan Cilenggang, Serpong, Kamis (17/1).

Deklarasi bersama ini dibacakan langsung saat apel kesadaran bersama dilingkup Pemkot Tangsel.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengungkapkan, diawal tahun ini mari bersama-sama memulai sebuah langkah yang bertujuan positif dan sangat baik, yaitu pengurangan penggunaan kemasan, kantong, botol dan gelas yang berbahan plastik sekali pakai.

“Untuk itu, Saya telah mengeluarkan intruksi walikota nomor 660.2/143/DLH terkait dengan hal ini, maka saya meminta kepada seluruh OPD dalam melaksanakan setiap kegiatan seperti rapat dan sebagainya, baik di dalam gedung maupun diluar gedung, menghindari penggunaan bahan atau material tersebut,”pintanya.

Sebagai alternatif, mari budayakan penggunaan organik atau yang mudah terurai, atau menggunakan barang-barang yang dapat digunakan berulang-ulang. “Saya meminta hal ini untuk diperhatikan, saya juga mengeluarkan surat edaran nomor 660.13067-DLH/2018 yang berisi himbauan kepada masyarakat dan para pelaku usaha untuk mengurangi sampah plastik. Kepada OPD terkait (DLH) dan juga jajaran kewilayahan, saya meminta surat edaran ini untuk disosialisasikan,”tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Toto Sudarto, mengatakan ada lima point deklarasi yang disampaikan saat apel kesadaran nasional yang dilaksanakan di Lapangan Cilenggang, intinya akan melaksanakan pengurangan penggunaan berbahan plastik sekali pakai disetiap pelaksanaan perangkat daerah, kedua akan aktif melaksanakan sosialisasi pengurangan sampah plastic kepada seluruh lapisan masyarakat, ketiga akan menerapkan penggunaan tempat makan dan minum yang dapat diguna ulang, keempat akan melaksanakan pengawasan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai ditempat kerja. Kelima akan melaksanakan instruksi Walikota Tangsel dalam pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Deklarasi ini merupakan janji bersama ASN dilingkup Pemkot Tangsel untuk mengurangi sampah plastik di Kota Tangsel,”singkatnya. (Humas_Kominfo)

185 Di Lihat 1 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 18 Januari 2019 12:21 pm

Update Berita BidikTangsel