Koperasi Binaan Dinkop Dan UKM Tangsel Gelar RAT 2018

Ciputat, bidiktangsel.com – Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2018 dengan tema “Meningkatkan Koperasi Yang Sehat” di kantor Koperasi KCM Jalan Raya Ciputat Baru, Ciputat Kota Tangsel, Selasa (15/1-2019).

Hadir dalam acara tersebut mewakili Plt.Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, Agus Sopandi selaku Kasie. Pengembangan Dan Pemberdayaan Koperasi, Mewakili Dekopinda Kota Tangsel, Ratnawati, Mewakili Lurah Ciputat, Sarbini, Ketua Koperasi KCM Lilis Hariyanti dan para pengurus, pengawas serta anggota Koperasi yang beranggotakan 60 anggota.

Dalam pembukaan RAT, Ketua Koperasi KCM, Lilis Hariyanti menyampaikan bahwa Rapat Anggota Tahunan ini merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggung jawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM).

Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM) yang awalnya dipelopori oleh Alm. Ambarwati ini mempunyai Visi menuju masyarakat sejahtera dengan mengangkat dan memberdayakan potensi pangan lokal.

Dengan Misi meningkatkan produktivitas budidaya pangan lokal dengan mempertimbangkan efesiensi produksi, berpartisipasi dan terlibat dalam mengembangkan serta mengolah pangan lokal secara berkesinambungan, dan menjalin sinergi dengan industri hulu dan teknologi agar tercapai produktivitas bahan baku dan bahan olahan.

Menurutnya, Koperasi KCM bertujuan untuk menumbuh kembangkan perekonomian rakyat diperlukan pemberdayaan kegiatan-kegiatan produksi berbahan lokal, dengan menggunakan tepung singkong.

“Kita lebih meminimalisir anggota yang mau berubah dari mengolah teregu import ke tepung singkong,” katanya.

Ia juga menjelaskan dalam Rapat Anggota Tahunan tahunan ini merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggung jawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi Koperasi Karya Cipta Mandiri (KKCM).

“Semakin banyak anggota Koperasi yang terlibat maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi,” ujarnya.

Sedangkan, mewakili Ketua Dekopinda, Ratnawati menjelaskan bahwa Koperasi KCM merupakan pondasi dasar perekonomian bagi masyarakat sehingga koperasi cukup dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang dinamis, dalam perkembangannya koperasi sekarang dan memberikan kebebasan bagi para anggota-anggotanya untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan harapan pengurus dapat melakukan terobosan- terobosan yang berdasarkan pendidikan, profesionalisme serta kejujuran.

“Kita beri apresiasi kepada Koperasi Karya Cipta Mandiri yang telah berhasil meraih beberapa prestasi diantaranya Juara Cerdas Cermat Koperasi Tahun 2018 lalu,” ungkapnya.

Ratnawati selaku Kepala Bidang di Dekopinda Kota Tangsel menyampaikan bahwa Dekopinda tahun ini melakukan penilaian terhadap pelaksanaan RAT Koperasi di Kota Tangsel.

“Kami akan menilai pelaksanaan RAT setiap Koperasi untuk memacu koperasi yang ada di Kota Tangsel dan nantinya pemenang akan diberikan uang pembinaan, piala serta piagam,” ujarnya.

Sementara itu, Kasie. Pengembangan Dan Pemberdayaan Koperasi Dinkop dan UKM Kota Tangsel, Adi Sopandi dalam sambutannya mewakili Plt. Kepala Dinas menyampaikan salam tidak dapat hadir karena ada kunjungan Anggota DPRD Kota Tangsel.

“Dalam mewujudkan Kota Tangerang Selatan menjadi “Kota 1 Koperasi 1000 UKM” dengan sasaran menumbuhkan semangat Berkoperasi, memberikan pemahaman yang benar tentang perkoperasian, dan  meningkatkan komitmen anggota untuk berkoperasi,” ujarnya.

Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel menurunkan tim untuk mengecek dan mendata pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT) koperasi sebagai salah satu kewajiban yang harus dilaporkan menyangkut kinerja keuangan.

“Hingga hari ini 15 Januari 2019 baru ada 3 koperasi yang melaksanakan RAT salah satunya ini, Koperasi KCM,” tuturnya. (***)

1010 Di Lihat 3 Dibaca
Bantu Share :