Satpol PP Dan Panwas Pondok Aren Bersihkan APK Caleg

Pondok Aren, bidiktangsel.com – Memasuki masa tenang pemilu, masih saja ada alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang di pinggir jalan. Padahal, penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu sudah mengimbau kepada peserta pemilu untuk menurunkan APK.

Masa kampanye terbuka Pemilihan Umum 2019 telah selesai, mulai Minggu (14/4/2019) seluruh alat peraga kampanye baik dari partai politik maupun relawan akan dibersihkan dan masuk ke masa tenang sebelum hari pemungutan suara pada Rabu (17/4/2019).

Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP. Kecamatan Pondok Aren bersama tim dari Panwas Kec. Pondok Aren mulai melakukan pembersihan APK yang terpasang di seluruh Kelurahan yang ada di Pondok Aren dimulai pada pukul 9.00 WIB.

“Kami (sekarang) menyisir jalan di mulai dari Parigi, Pondok Pucung Pondok Jaya, Pondok Karya, Pondok Betung, Pondok Aren untuk penurunan APK,” kata Yudi selaku petugas Satpol PP Kec. Pondok Aren, saat ditemui di lokasi, Senin (15/4/2019).

APK yang selama ini menghiasi seluruh jalan-jalan protokol di Pondok Aren pada masa kampanye akan diturunkan sesuai dengan amanat dari peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018.

Seperti diketahui, berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 pasal 34 ayat 8, APK harus diturunkan atau diturunkan peserta Pemilu paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara.

Sementara itu, Panwas Kec. Pondok Aren, Yadi mengatakan sehari sebelum masa tenang, pihaknya sudah mengimbau peserta pemilu untuk menurunkan APK. Karena masih banyak yang terpasang, sehingga terpaksa harus ditertibkan.

“Masa tenang ini tidak boleh ada kampanye dalam bentuk apapun. Dan APK ini merupakan salah satu metode berkampanye. Oleh karena itu kami tertibkan,” jelas Yadi

Sebagai barang bukti, telah diamankan APK berupa baliho dan spanduk yang dititipkan di Satpol-PP.

“Nanti ditindak lanjuti sesuai SOP yang ada,” pungkasnya. (*)

1526 Di Lihat 3 Dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.