HPN 2019, Dewan Pers Himbau Tidak Melayani Permintaan Bantuan Dana

Jakarta, bidiktangsel.com – Dewan Pers mengimbau gubernur dan bupati Wali Kota untuk tidak melayani permintaan bantuan dana atau sumbangan yang diajukan organisasi wartawan, perusahaan pers atau organisasi pers menjelang hari pers nasional di Surabaya, Jawa Timur.

Hal ini dilakukan untuk menghindari aksi penipuan pihak yang mengaku wartawan.

Yosep Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pers mengatakan, menjelang hari pers nasional, Dewan Pers banyak mendapatkan laporan tentang adanya sejumlah orang yang mengaku mewakili organisasi wartawan dan mengirimkan surat kepada pemerintah daerah meminta bantuan dana untuk mengikuti hari pers nasional.

Karenanya itu disampaikan bahwa praktek tersebut tidak diketahui, dan Dewan Pers tidak tahu menahu dengan surat permintaan dana.

“Dewan Pers mengimbau semua pihak untuk tidak melayani permintaan bantuan dana tersebut,”kata Yosep dalam surat imbauannya yang dikeluarkan 22 Januari 2019.

Menurut Yosep, imbauan yang dikeluarkan Dewan Pers berdasarkan sikap moral dan etik profesi dalam menjaga kepercayaan public dan menegakan integritas serta menjunjung tinggi nilai nilai profesionalisme kewartawananan.

Selain itu juga merupakan upaya nyata Dewan Pers untuk mendukung upaya pemberantasan praktek korupsi yang masih marak saat ini.

Olehnya itu, Dewan pers sama sekali tidak menolerir adanya praktek buruk dimana wartawan, perusahaan media dan organisasi wartawan meminta sumbangan dengan alas an Hari Pers Nasional

“Dan bila ada oknum wartawan yang mengaku dari media ataupun organisasi wartawan yang meminta sumbangan dengan cara memaksa, memeras atau mengancam, maka catat identitasnya dan segera laporkan ke Kantor Polisi terdekat,” ujar Yosep.

Sementara untuk organisasi pers dan organisasi wartawan yang telah terverifikasi dan menjadi kontituen Dewan Pers adalah Serikat Perusahaan Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Telivisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

“Ketujuh organisasi ini tidak dibenarkan meminta-minta uang atau sumbangan,” ungkap Yosep.

Sumber : databerita.id

380 Di Lihat 5 Dibaca
Bantu Share :

Berita ini tayang pada 24 Januari 2019 4:02 pm

Update Berita BidikTangsel